Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Preferensi Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Sandwich Generation Dalam Berinvestasi Dipasar Modal Syariah Dengan Pendapatan Sebagai Variabel Moderasi (Study kasus Ibu Pekerja di Kabupaten Boyolali)

Sholikhin, Muhammad (2022) Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Preferensi Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Sandwich Generation Dalam Berinvestasi Dipasar Modal Syariah Dengan Pendapatan Sebagai Variabel Moderasi (Study kasus Ibu Pekerja di Kabupaten Boyolali). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Full Skripsi M. Sholikhin - 63020180176 - Ekonomi Syariah.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sholikhin, M. 2022. Pengaruh Literasi Keuangan Islam, Preferensi Risiko dan Motivasi Investasi Terhadap Minat Sandwich Generation Dalam Berinvestasi Dipasar Modal Syariah Dengan Pendapatan Sebagai Variabel Moderasi (Study kasus Ibu Pekerja di Kabupaten Boyolali). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Ekonomi Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Saiful Anwar, M.Acc. Penelitian ini bertujuan untuk melihat faktor-faktor yang mempengaruhi sandwich generation terhadap minatnya berinvestasi di pasar modal syariah. Penelitian ini menggunakan data primer yang dikumpulkan dari 106 koresponden di Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah Indonesia. Metode yang digunakan adalah kuisioner yang berjenis kuisioner online mandiri dengan google forms dan Data analisisnya menggunakan regresi berganda serta regresi moderasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa literasi keuangan islam, preferensi risiko dan motivasi investasi terhadap minat investasi sandwich generation dipasar modal syariah merupakan faktor-faktor determinat yang mempengaruhi minat sandwich generation untuk mau belajar dan melakukan tindakan dalam berinvestasi agar bisa memempunyai keuangan yang baik jangka panjang. Sedangkan pendapatan tidak memiliki pengaruh yang signifikan untuk memperkuat antara literasi keuangan islam, preferensi risiko, dan motivasi invetasi terhadap minat investasi sandwich generation. Hasil penelitian ini di harapkan bermanfaat kepada pemerintah setempat dan masyarakat dalam menentukan kebijakan dan meningkatkan minat investasi masyarakat di kabupaten boyolali, Indonesia. Selanjutnya penelitian ini diharapkan bermanfaat dalam menambah literature akademik fakultas ekonomi dan bisnis islam. Kata Kunci : Literasi keuangan islam Preferensi risiko, motivasi investasi, minat investasi, pendapataan.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2022 17:51
Last Modified: 21 Oct 2022 10:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15081

Actions (login required)

View Item View Item