Kematangan Sosial Anak Cerebral Palsy Type Spastic Di Asrama Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Prof. Dr. Soeharso Surakarta

nafi'ah, Sulasiyatun (2022) Kematangan Sosial Anak Cerebral Palsy Type Spastic Di Asrama Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Prof. Dr. Soeharso Surakarta. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SULASIYATUN NAFI'AH (43040180167) PSIKOLOGI ISLAM.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitan ini bertujuan untuk mendeskripsikan kematangan sosial anak cerebral palsy di Asrama Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Prof. Dr. Soeharso Surakarta yang ditulis dengan teori. Pertanyaan utama penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan bagaimana kematangan sosial anak anak cerebral palsy di Asrama Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Prof. Dr. Soeharso Surakarta. Kedua, mengetahui Upaya Yayasan Pembinaan Anak Cacat (YPAC) Prof. Dr. Soeharso Surakarta dalam membantu meningkatkan perkembangan kematangan sosial anak cerebral palsy. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah 4 anak cerebral palsy, Ketua YPAC Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Ketua Asrama dan guru SLB YPAC Prof. Dr. Soeharso Surakarta, Terapis fisioterapi dan okupasi terapi, Dokter umum serta Ustadzah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah anak cerebral palsy dengan kecacatan klasifikasi ringan. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif model Miles dan Huberman. Setelah data dikumpulkan kemudian dilakukan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian terdiri dari, yang pertama mengenai kematangan sosial anak cerebral palsy type spastic, keempat subjek yakni WB, JZP, IGM dan AS memiliki perkembangan kematangan sosial yang baik. Keempat subjek dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap lingkungan, walaupun dengan cara yang berbeda-beda karena pengaruh dari karakter masing-masing. Keempat subjek melakukan kegiatan sehari-hari dengan mandiri dan tidak bergantung pada pengasuh. Masing-masing subyek memiliki kendala ringan dalam melakukan aktifitas sehari-hari disebabkan oleh kecacatan yang berbeda-beda. Kedua, mengenai upaya YPAC Prof. Dr. Soeharso dalam membantu meningkatkan kematangan sosial anak cerebral palsy adalah dengan menetapkan empat layanan utama. Layanan yang pertama adalah layanan rehabilitasi medis, rehabilitasi pendidikan, rehabilitasi sosial dan rehabilitasi pravokasional.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Dakwah > Psikologi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Oct 2022 17:52
Last Modified: 20 Oct 2022 17:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15082

Actions (login required)

View Item View Item