UPAYA PENINGKATAN MENGHAFAL SURAT AL-FIIL DAN AL-MA’UN MELALUI METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALEAGUNG KEC. GRABAG KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016

SUKAMTO, YUDI (2016) UPAYA PENINGKATAN MENGHAFAL SURAT AL-FIIL DAN AL-MA’UN MELALUI METODE PRACTICE-REHEARSAL PAIRS PADA SISWA KELAS V SD NEGERI BALEAGUNG KEC. GRABAG KAB. MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI YUDI SUKAMTO 114 12 023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sukamto, Yudi. 2016. Upaya Peningkatan Menghafal Surat Al-Ma’un dan Al-Fiil Melalui Metode Practice-Rehearsal Pairs Pada Siswa Kelas V SD Negeri Baleagung Kec. Grabag Kab. Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Skripsi. Jurusan Tarbiyah. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Siti Farikhah M.Pd Kata Kunci : Menghafal surat Al-Maun dan Al-Fiil, Metode Practice-Rehearsal Pairs. Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan menghafal surat-surat pendek melalui Metode Practice-Rehearsal Pairs Pada siswa kelas V SD Negeri Baleagung Kecamatan Grabag Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2015/2016. Pertanyaan ini yang akan dijawab melalui penelitian ini adalah (1) Bagaimana meningkatkan hafalan surat-surat pendek melalui Metode Practice-Rehearsal Pairs pada siswa kelas V SD Negeri Baleagung? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan kelas (action research) sebanyak dua siklus. Dari analisis data didapatkan bahwa kemampuan menghafal surat-surat pendek pada siswa kelas V SD Negeri Baleagung mengalami peningkatan dalam setiap siklusnya, pada siklus I siswa yang mendapat nilai kategori tinggi berjumlah 45%, kategori sedang 45%, kategori rendah 10%. Sedangkan pada siklus II siswa yang mendapat nilai kategori tinggi 75%, kategori sedang 25%, dan ketegori rendah 0%. Penerapan Metode Practice-Rehearsal Pairs bisa meningkatkan kemampuan menghafal surat-surat pendek pada siswa kelas V SD Negeri Baleagung Tahun 2015/2016. Maka prestasi belajar siswa meningkat setelah melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan Metode Practice-Rehearsal Pairs. Berdasarkan hasil yang dicapai ini, maka disarankan agar pembelajaran dapat berjalan maksimal harus disertai dengan berbagai metode pembelajaran sehingga akan memotivasi siswa untuk lebih menggali potensi yang ada pada dirinya dan memudahkan siswa untuk dapat memahami materi dengan cepat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Apr 2017 03:43
Last Modified: 12 Apr 2017 03:43
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1510

Actions (login required)

View Item View Item