PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPS TEMA 2 SUBTEMA 1 MATERI JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

RismaYanty, Neng Hesty (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMATIK IPS TEMA 2 SUBTEMA 1 MATERI JENIS-JENIS KEGIATAN EKONOMI MASYARAKAT MENGGUNAKAN METODE TEAM QUIZ PADA SISWA KELAS V SEMESTER 1 MI MA’ARIF GLOBAL BLOTONGAN KOTA SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
Neng Hesty Rismayanty 23040180114.pdf

Download (5MB)

Abstract

Rismayanty, Neng Hesty. 2022. “Peningkatan Hasil Belajar Tematik IPS Tema 2 Subtema 1 Materi Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat Menggunakan Metode Team Quiz Pada Siswa Kelas V Semester 1 MI Maarif Global Blotongan Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2022/2023”.Skripsi, Salatiga: Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Dosen Pembimbing. Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Hasil belajar IPS, Jenis-Jenis Kegiatan Ekonomi Masyarakat, Metode team quiz. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar tematik IPS tema 2 subtema 1 materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat menggunakan metode team quiz pada siswa kelas v semester 1 mi ma’arif global blotongan tahun pelajaran 2022/2023. Penelitian ini dilakukan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian tindakan kelas v mi maarif global blotongan dengan jumlah siswa 26 , dengan siswa laki-laki 14 orang dan siswi perempuan 12 orang. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahawa metode team quiz dapat meningkatkan hasil belajar tematik IPS materi jenis-jenis kegiatan ekonomi masyarakat pada siswa kelas v mi ma’arif global blotongan kota salatiga tahun pelajaran 2022/2023. Dapat dilihat dari pra siklus bahwa siswa yang tuntas KKM hanya 9 siswa (35%), sedangkan ada 17 siswa (65%) yang belum tuntas. selanjutnya pada siklus I ada 14 siswa (54%) yang tuntas dan 12 siswa (46%) yang belum tuntas. Kemudian pada siklus II ada 23 siswa (88%) yang tuntas dan 3 siswa (12%) yang belum tuntas. Dari peningkatan hasil belajar tersebut penelitian tindakan kelas ini di hentikan pada siklus II karena telah mencapai kriteria dengan ketuntasan klasikal 88% yang mencapai nilai KKM ≥ 70

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 26 Oct 2022 14:44
Last Modified: 02 Nov 2022 20:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15119

Actions (login required)

View Item View Item