EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TES ONLINE BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA

THOWIJAH, (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN TES ONLINE BERBASIS QUIZIZZ TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA TEMA BENDA-BENDA DISEKITAR KITA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis _Thowijah_12020190031.pdf

Download (3MB)

Abstract

Efektivitas Penggunaan Tes Online Berbasis Quizizz Terhadap Hasil Belajar Pada Tema Benda-benda disekitar kita. Jurusan Tarbiyah dan ilmu Keguruan. Program Studi Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Peni Susapti, M. Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan tes online berbasis Quizizz yang bermanfaat untuk meningkatkan hasil belajar siswa, dan dapat membantu guru dalam pelaksanaan evaluasi dengan mudah. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan rancangan pretest posttest with control group. Penelitian dilakukan terhadap 40 siswa , Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan jenis instrumen yang digunakan menggunakan angket, lembar validasi para ahli dan catatan wawancara dan tes. Uji coba dilakukan dikelas V berjumlah 40 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Efektivitas Penggunaan Tes Online Berbasis Quizizz Pada Tema Benda-benda disekitar kita adalah efektif. Hal ini ditunjukkan dari hasil penelitian,, dengan perolehan presentasi 90.6% dari ahli materi, sedangkan dari ahli media memperoleh hasil 87.5%, dan data uji coba lapangan mendapatkan rata-rata skor sebesar 68 dengan persentase 88%. hasil uji independen sample t test diperoleh nilai t hitung 2,238 dengan probabilitas (signifikansi) 0,031 yang kurang dari 0,05, sehingga mampu menerima Ha dan menolak Ho, berdasarkan data tersebut berarti penggunaan tes online berbasis quizizz terhadap hasil belajar siswa kelas V pada tema benda-benda sekitar kita efektif terhadap hasil belajar siswa.Hasil ini menunjukkan pengembangan quiz melalui media online sangat layak digunakan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 28 Oct 2022 17:58
Last Modified: 28 Oct 2022 17:58
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15145

Actions (login required)

View Item View Item