TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI ATAS KELUARGA DENGAN ISTRI BERPROFESI SEBAGAI PEMANDU KARAOKE DI LINGKUNGAN GAMASAN KELURAHAN BANDUNGAN)

anggraeni, Farida ulfa (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP UPAYA MEWUJUDKAN KELUARGA SAKINAH ( STUDI ATAS KELUARGA DENGAN ISTRI BERPROFESI SEBAGAI PEMANDU KARAOKE DI LINGKUNGAN GAMASAN KELURAHAN BANDUNGAN). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi_Farida Ulfa A.pdf

Download (2MB)

Abstract

Farida Ulfa . (2022). “Tinjauan Hukum Islam Terhadap Upaya Mewujudkan Keluarga Sakinah (Studi Atas Keluarga Dengan Istri Berprofesi Sebagai Pemandu Karaoke Di Lingkungan Gamasan Desa Bandungan)”. Skripsi. Fakultas Syari’ah Jurusan Hukum Keluarga Islam. Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Tri Wahyu Hidayati, M. Ag. Kata Kunci: Tinjauan Hukum Islam, Mewujudkan Keluarga Sakinah, Pemandu Karaoke. hdd Pekerjaan sebagai pemandu karaoke yang sudah menikah atau berumah tangga biasanya terdapat banyak perdebatan antara suami istri dalam hal ini rumah tangga sebagai dua kepala yang memiliki pemikiran masing-masing apalagi dilihat dari pekerjaan seorang istri tidak seperti pekerjaan-pekerjaan lainnya yang jam kerjanya berangkat sore pulang larut pagi dan dengan konsumen lawan jenis. Tak dapat dipungkiri jika akan timbul permasalahan-permasalahan pada suami istri ini dan membutuhkan solusi untuk menyelesaikan agar keharmonisan keluarga dan keutuhan rumah tangga dapat terjaga serta terhindar dari perpisahan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana upaya dalam mewujudkan keluarga sakinah dengan istri berprofesi sebagai pemandu karaoke, dan mengetahui tinjauan Hukum Islam terhadap upaya mewujudkan keluarga sakinah istri berprofesi sebagai pemandu karaoke di lingkungan Gamasan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian lapangan (field research). Subjek dan lokasi dalam penelitian ini adalah di lingkungan Gamasan Desa Bandungan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini, dalam keluarga dengan istri berprofesi sebagai pemandu karaoke sudah berupaya dan berusaha dalam mewujudkan keluarga sakinah sesuai dengan tinjauan Hukum Islam. Pertama dengan mengedepankan untuk berpegang teguh pada agama, yang kedua ialah setia dengan pasangan masing-masing, ketiga berupaya dalam memenuhi hak dan kewajiban suami istri, yang keempat menjaga martabat dan kehormatan seorang suami dan istri, yang kelima ialah keluarga yang damai. Dalam indikator tersebut, upaya yang dilakukan itu ada hanya saja tidak semua berjalan dengan mulus terdapat beberapa kesalahan di dalamnya yang membutuhkan proses untuk membentuk keluarga yang sakinah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 29 Oct 2022 04:27
Last Modified: 03 Nov 2022 07:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15150

Actions (login required)

View Item View Item