STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAHAN LUAR BIASA WANTUWIRAWAN DAN SEKOLAHAN LUAR BIASA NEGERI SALATIGA TAHUN 2022)

Sari, Susi Siviana (2022) STRATEGI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA (STUDI KOMPARASI DI SEKOLAHAN LUAR BIASA WANTUWIRAWAN DAN SEKOLAHAN LUAR BIASA NEGERI SALATIGA TAHUN 2022). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Tesis Susi Siviana Sari.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Tesis Susi Siviana Sari (Perpus).pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Sari, Susi Siviana. 2022. Strategi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra (Studi Komparasi di Sekolah Luar Biasa Wantuwirawan dan Sekolah Luar Biasa Negeri Salatiga Tahun 2022). Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Pascasarjana IAIN Salatiga. Pembimbing: Dr. Sa’adi, M.Ag. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam pada anak berkebutuhan khusus tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wantuwirawan dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Salatiga, (2) Implementasi strategi pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wantuwirawan dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Salatiga, dan (3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembelajaran guru Pendidikan Agama Islam pada Anak Berkebutuhan Khusus tunanetra di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wantuwirawan dan Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Salatiga, dan bagaimana cara mengatasinya. Metode pengumpulan data diperoleh melalui wawancara kepada Kepala Sekolah, satu Guru PAI di SLB Wantuwirawan,dan dua Guru PAI di SLB Negeri Salatiga kemudian dilakukan observasi, dan dokumentasi. Jenis penelitian ini deskriptif kualitatif dengan menggunakan analisis data Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Strategi pembelajaran, menggunakan strategi pembelajaran secara langsung atau pembelajaran ekspositori, dan menerapkan prinsip individual, totalitas, kekonkritan serta prinsip Orientasi Mobilitas (OM), (2) Implementasi strategi pembelajaran, kegiatan pembelajaran dilaksanakan sesuai kebutuhan peserta didik melalui tahap pemula, pengajaran, dan tahap evaluasi, (3) Faktor pendukung pembelajaran ada tiga, yaitu: a. kesehatan psikologis dan fisikologis, b. motivasi orang tua dan pendidik, c. media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didik tunanetra. Faktor penghambat pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wantuwirawan ada dua, yaitu: pertama fasilitas buku paket cetak dalam bentuk huruf braille belum tersedia, dan kedua kondisi ruang kelas yang belum kondusif. Sedangkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Salatiga, adanya kelas gabungan antara tunadaksa dan tunanetra yang berbeda jenjang SMP dan SMA. Cara mengatasi hambatan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Wantuwirawan, pendidik membuat ringkasan materi menggunakan huruf braille. Sedangkan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Salatiga materi pembelajaran disama ratakan yang bisa ditangkap oleh peserta didik. Kedua lembaga juga menyediakan ruang kelas yang khusus untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) tunanetra. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, dan Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PASCA-PAI ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Oct 2022 04:36
Last Modified: 30 Oct 2022 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15151

Actions (login required)

View Item View Item