PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH MATHOLI’UL ULUM DESA TERTEG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

arifah, siti nur (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MEMBACA NYARING PADA TEMA 2 SUBTEMA 2 MENGGUNAKAN METODE STORYTELLING DENGAN MEDIA POP UP BOOK PADA SISWA KELAS III SEMESTER I MADRASAH IBTIDAIYAH MATHOLI’UL ULUM DESA TERTEG KECAMATAN PUCAKWANGI KABUPATEN PATI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI NUR ARIFAH REVISI SIAP DIBUKUKAN.pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Arifah, Siti Nur. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Membaca Nyaring pada Tema 2 Subtema 2 Menggunakan Metode Storytelling dengan Media Pop Up Book pada Siswa Kelas III Semester I Madrasah Ibtidaiyah Matholi’ul Ulum Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Skripsi.Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Mei Prabowo, M.Kom. Kata Kunci: Hasil Belajar Bahasa Indonesia, Membaca Nyaring, Metode Storytelling, Media Pop Up Book. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca nyaring dengan menggunakan metode Storytelling dan media Pop Up Book pada siswa kelas III semester I MI Matholi‟ul Ulum Desa Terteg Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III Madrasah Ibtidaiyah Matholi‟ul Ulum Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati. Instrumen penelitian ini berupa lembar pengamatan, soal tes, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, dokumentasi dan soal tes. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase, apabila ≥85% siswa tuntas dalam belajar maka siklus dihentikan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan metode storytelling dan media pop up book mampu meningkatkan hasil belajar bahasa indonesia siswa materi membaca nyaring pada tema 2 subtema 2 siswa kelas III semester I Madrasah Ibtidaiyah Matholi‟ul Ulum Desa Terteg Kecamatan Pucakwangi Kabupaten Pati Tahun Pelajaran 2021/2022. Hal ini dapat dibuktikan dengan adanya peningkatan dalam setiap siklusnya. Pada pra siklus ke siklus I terjadi peningkatan 44%, dari siklus I ke siklus II 28%. Berikut ini nilai rata-rata dan persentase ketuntasan siswa dalam setiap siklus, pada pra siklus dari 25 siswa hanya 5 siswa yang telah tuntas belajar dan 20 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 48 dan dengan persentase ketuntasan 20%, pada siklus I dari 25 siswa 16 siswa yang telah tuntas belajar dan 9 siswa dinyatakan tidak tuntas dengan nilai rata-rata 70,4 dan dengan persentase ketuntasan 64%, pada siklus II, jumlah siswa yang telah tuntas belajar ada 23 siswa dan 2 siswa tidak tuntas dengan nilai rata- rata 87,2 dengan persentase ketuntasan 92%. Berdasarkan hasil tersebut maka siklus dihentikan, karena sudah memenuhi ketuntasan klasikal 85%. Persentase ketuntasan belajar secara klasikal mencapai 92% lebih besar dari 85% maka dengan demikian penelitian tindakan kelas (PTK) dinyatakan berhasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2022 15:14
Last Modified: 01 Nov 2022 08:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15164

Actions (login required)

View Item View Item