fauziyah, Rahma adibatul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR TEMA KENAMPAKAN ALAM DAN PEMANFAATANNYA MENGUNAKAN METODE GUIDED NOTE TAKINGDAN MEDIA LEMBAR KERJA SISWA (LKS) PADA SISWA KELAS IV MI AL MANAR BENER TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]
Text
RAHMA ADIBATUL FAUZIYAH 23040180112 FIX BANGET-2.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Peningkatan Hasil Belajar Tema Kenampakan Alam dan Pemanfaatannya Menggunakan Metode Guided Note Taking dan Media Lembar Kerja Siswa (LKS) pada Siswa Kelas IV MI Al Manar Bener Tahun Pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 13 siswa dengan keterangan 7 siswa laki-laki 6 siswi perempuan. Penelitian ini menggunkan penerapan Metode Pembelajaran guided note taking pada saat pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan 1 pra siklus dan 2 siklus. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari hasil pra siklus terdapat 7 siswa (53,84%) siswa yang mencapai nilai indikator keberhasilan dan 6 siswa (46,15%) yang belum mencapai indikator keberhasilan yang ditetapkan. Penelitian tindakan kelas pada siklus I terdapat 10 siswa (76,92%) yang mencapai indikator keberhasilan dan 3 siswa yang belum mencapai indikator keberhasilan dengan nilai rata-rata 80,77. Sementara itu, siklus II dapat 12 siswa (92,30%) yang mencapai indkator keberhasilan dan 1 siswa (7,69%) yang belum mencapai indikator keberhasilan dengan rata-rata 85,77. Oleh karena itu, pembelajaran IPS dengan menggunakan metode guided note taking dapat meningkatkan kekatifan siswa yang melalui kelompok diskusi ataupun melalui lembar kerja siswa berisi poin-poin penting yang sengaja dihilangka dengan tujuan agar anak didik tetap berkonsentrasi mendengarkan pelajaran yang akan disampaikan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 01 Nov 2022 16:46 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 14:52 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15165 |
Actions (login required)
View Item |