PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA PEMBELAJARAN MEGIC BOX PADA SISWA KELAS IV MI MLILIR 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023

nafi'ah, Elma (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN BUDAYA BANGSAKU MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERAATIF TIPE SNOWBALL THROWING DAN MEDIA PEMBELAJARAN MEGIC BOX PADA SISWA KELAS IV MI MLILIR 1 TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ilma (4) nomor.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Nafiah, Elma. 2022. Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Keragaman Budaya Bangsaku Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Snowball Throwing Dan Media Pembelajaran Magic Box Pada Siswa Kelas IV MI MLILIR 1 Tahun Pelajaran 2022/2023 Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negri. Pembimbing Dr. Peni Susapti, M. Si. Kata Kunci: Hasil Belajar, IPS, Model Snowball Throwing, media magic box Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan Model Pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi keragaman suku bangsaku pada siswa kelas IV MI Mlilir Kecamatan Bandungan Kabupaten Semarang tahun pelajaran 2022/2023. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Mlilir berjumlah 26 siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklunya terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes tertulis, lembar observasi guru dan siswa, serta dokumentasi. Analisis data yang dilakukan dengan cara membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70 (yang telah ditetapkan oleh MI Mlilir ). Tolak ukur keberhasilan ditentukan melalui pencapaian KKM dan Kriteria Klasikal. Adapun hasil penelitian adalah model pembelajran Snowball Throwing dapat menghasilkan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan hasil belajar siklus I 50% dengan rata-rata nilai 71,5 ke siklus II 88,4% (pembulatan) dengan rata-rata nilai 79,2 terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I 50% ke siklus II 88,4% . Peningkatan hasil belajar siklus II (pembulatan) dengan rata-rata nilai 79,2 ini mebuktikan terjadi peningkatan hasil belajar pada siswa sikus I ke siklus II.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2022 21:19
Last Modified: 01 Nov 2022 14:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15175

Actions (login required)

View Item View Item