PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA STICK POUCH SISWA KELAS II MI AL-IMAN KALIKUTO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023

LESTARI, NIKEN DEWI TRI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PERKALIAN DAN PEMBAGIAN MENGGUNAKAN METODE THE POWER OF TWO DENGAN MEDIA STICK POUCH SISWA KELAS II MI AL-IMAN KALIKUTO KABUPATEN MAGELANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Niken Dewi Tri Lestari (071).pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Lestari, Niken Dewi Tri. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Perkalian dan Pembagian Menggunakan Metode The Power Of Two dengan Media Stick Pouch Siswa Kelas II MI Al-Iman Kalikuto Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023.Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Peni Susapti, M.Si. Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Metode The Power Of Two, Media Stick Pouch Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian menggunakan metode the power of two dengan media stick pouch pada siswa kelas II MI Al-Iman Kalikuto Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus yang setiap siklusnya merupakan rangkaian kegiatan yang masingmasing terdiri dari 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan/observasi, dan refleksi. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini menggunakan metode pengumpulan data yaitu tes tertulis, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II MI Al-Iman Kalikuto yang berjumlah 18 siswa meliputi 8 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrumen penelitian meliputi silabus, RPP, materi, lembar observasi, dan soal. Analisis data dilakukan dengan membandingkan antara skor nilai setiap siklus dengan KKM yang telah ditetapkan yaitu 70, sekaligus ditandai dengan adanya peningkatan Kriteria Ketuntasan Klasikal yaitu ≥ 85% dari jumlah siswa yang mencapai nilai diatas KKM. Berdasarkan hasil penelitian dapat peneliti simpulkan bahwa melalui metode The power of two dengan media stick pouch dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi perkalian dan pembagian pada siswa kelas II MI AlIman Kalikuto Kabupaten Magelang Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini dapat dilihat dari hasil observasi sebelum menerapkan metode The power of two dengan media stick pouch hanya 7 siswa (39%) yang memenuhi KKM dengan nilai ratarata 62, 5. Selanjutnya pada siklus I ada 10 siswa (56%) memenuhi KKM dengan nilai rata-rata 68,33. Kemudian, pada siklus II ada 16 siswa (89%) memenuhi KKM dengan rata-rata 83,61. Oleh karena itu, hasil belajar siswa mengalami peningkatan serta sudah memenuhi kriteria ketuntasan klasikal ≥ 85% dan siklus dapat dihentikan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Nov 2022 21:31
Last Modified: 01 Nov 2022 21:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15176

Actions (login required)

View Item View Item