yusuf, Muhamad hani (2022) STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA RELIGIUS DAN KEDISIPLINAN SISWA DI SMP NEGERI 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]
Text
MUHAMAD HANI YUSUF 23010180102.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina religius siswa di SMP Negeri 2 Tuntang. (2) Untuk mengetahui strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tuntang. (3) Untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam menerapkan startegi guru pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Tuntang dalam membina religius dan kedisiplinan siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan yang bersifat deskriptif, kualitatif. Analisis data dalam penelitian kualitatif dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, dan setelah selesai pengumpulan data dalam periode tertentu. Adapun aktivitas yang dialkukan diantaranya: (1) Reduksi data, (2) Penyajian data, (3) Penarikan kesimpulan dan verifikasi. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer dan sekunder. Pengumpulan data diperoleh dari hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi. Serta dalam pengecekan keabsahan data menggunakan metode trianggulasi observasi dengan penggunaan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina religius siswa di SMP Negeri 2 Tuntang adalah: (a) Pembacaan doa dan Asmaul Husna. (b) Pelaksanaan sholat berjamaah. (c) Literasi Al-Quran. (e) Keteladanan. (2) Strategi guru pendidikan agama Islam dalam membina kedisplinan siswa di SMP Negeri 2 Tuntang. Adalah (a) Disiplin Berpakaian dan Berpenampilan. (b) Menghargai Waktu. (c) Disiplin Sikap. (d) Nasehat. (3) Hambatan yang dihadapi guru pendidikan agama Islam dalam menerapkan strategi membina religius dan kedisiplinan siswa di SMP Negeri 2 Tuntang adalah (a) Faktor internal yaitu faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri meliputi karakter pribadi siswa dan rendahnya pemahaman agama dan pemahaman dalam menaati peraturan. (b) Faktor eksternal yaitu faktor yang berasal dari luar individu meliputi keluarga atau lingkungan tempat tinggal serta pengaruh pertemanan.
Item Type: | UNSPECIFIED |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 02 Nov 2022 02:44 |
Last Modified: | 01 Nov 2022 19:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15177 |
Actions (login required)
View Item |