PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI “PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN” MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA KEBUN SATWA PADA SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH PROGRAM KHUSUS AL-IKHLAS TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Hasanah, Ulfi Nurul (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM MATERI “PENGELOMPOKAN HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN” MENGGUNAKAN METODE PEMBELAJARAN MIND MAPPING DENGAN MEDIA KEBUN SATWA PADA SISWA KELAS 5 DI MADRASAH IBTIDAIYAH PROGRAM KHUSUS AL-IKHLAS TENGARAN TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
ULFI NURUL HASANAH 23040170062.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada MI Program Khusus Al-Ikhlas Tengaran masih memiliki hasil belajar yang rendah yang disebabkan kurangnya variasi dalam pembelajaran sehingga siswa cepat merasa bosan dan tidak tertarik dengan pembelajaran. Rumusan masalah dari penelitian ini yaitu Apakah penggunaan metode pembelajaran Mind Mapping dengan media Kebun Satwa dapat meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas V semester 2 di Madrasah Ibtidaiyah Program Khusus Al-Ikhlas Tengaran tahun pelajaran 2021/2022? Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan pada siswa kelas V di MI Program Khusus Al-Ikhlas Tengaran tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas dengan dua siklus yang setiap siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penulis menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping dengan media Kebun Satwa pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam materi pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanannya. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 5 dengan jumlah 17 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan berupa materi pembelajaran, RPP, lembar latihan, dan lembar observasi. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan rumusan presentase, jika hasil sudah mencapai ≥ 85% maka berhasil. Presentasi hasil belajar dalam penelitian ini jumlah siswa yang tuntas dari nilai pra siklus (11,76%) 2 siswa yang tuntas, siklus I (70,58%) 12 siswa tuntas, dan pada siklus II meningkat menjadi (94,11%) 16 siswa tuntas. Hal ini membuktikan model Mind Mapping dengan media Kebun Satwa dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas 5C Madrasah Ibtidaiyah Program Khusus Al-Ikhlas Tengaran tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 03 Nov 2022 17:31
Last Modified: 03 Nov 2022 10:42
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15195

Actions (login required)

View Item View Item