PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS VIII MTS YPI SABILUL HUDA KENCANA MULIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022

masruroh, alfiani (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK-TALK-WRITE DENGAN MEDIA PUZZLE PADA SISWA KELAS VIII MTS YPI SABILUL HUDA KENCANA MULIA TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ALFIANI MASRUROH 23060180034.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA materi sistem pernapasan manusia pada siswa kelas VIII di MTS YPI Sabilul Huda Kencana Mulia tahun pelajaran 2021/2022 melalui model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) dengan media puzzle. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah kelas VIII B MTS YPI Sabilul Huda Kencana Mulia yang berjumlah 23 siswa dengan rincian 12 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini memiliki 2 siklus dengan setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran Cooperative Learning Tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII B MTS YPI Sabilul Huda Kencana Mulia materi sistem pernapasan manusia. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa disetiap siklusnya. Pada tahap prasiklus sebanyak 13% (3 siswa) mampu mencapai KKM atau tuntas dan sebanyak 87% (20 siswa) tidak mencapai KKM atau tidak tuntas. Pada tahap siklus I siswa yang tuntas sebanyak 65% (15 siswa) dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 35% (8 siswa) sedangkan pada siklus II sebanyak 87% (20 siswa) mampu mencapai KKM atau tuntas dan sebanyak 13% (3 siswa) belum mencapai KKM atau tidak tuntas. Artinya terdapat kenaikan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II sebanyak 22% sehingga penelitian ini dapat dinyatakan berhasil karena pada siklus II sebanyak 87% menunjukkan bahwa persentase dalam keseluruhan kelas tersebut telah melebihi indikator keberhasilan klasikal yang telah ditentukan yaitu 85%.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 04 Nov 2022 17:23
Last Modified: 04 Nov 2022 17:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15219

Actions (login required)

View Item View Item