Ningsih, Rahayu (2022) PENGARUH PERSEPSI SISWA TENTANG KEMAMPUAN KOMUNIKASI GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK SISWA KELAS VIII DI MTS MA’ARIF AL-HUDA WONOROTO WINDUSARI MAGELANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Skripsi Rahayu Ningsih 23010180076.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya pegaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar dan hasil belajar siswa mata pelajaran akidah akhlak siswa kelas VIII di MTs Ma’arif Al-Huda Wonoroto Windusari Tahun Ajaran 2022/2023. Permasalahan yang ada dalam penelitian ini yaitu: (1) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar, (2) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar, (3) Adakah pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar dan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif berjenis korelasional. Untuk menjawab permasalahan dan hipotesisi penelitian, maka dengan menggunakan analisis uji regresi linier sederhana dan uji manova (multivariate analisis of variance) melalui bantuan program SPSS versi 20.0 for windows. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumenasi. Jumlah responden dalam penelitian ini yaitu 38 siswa. Hasil penelitian ini berdasarkan output program SPSS versi 20.0 for windows menyatakan bahwa seluruh variabel dalam penelitian ini berdistribusi normal, homogen, dan linier. Adapun hasil uji hipotesisi: (1) Hasil pengujian signifikasi dengan uji t diperoleh thitung (5,017 > ttabel 2,028) sedangkan nilai Sig.<0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis I dinyatakan Ha dierima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi belajar siswa. (2) Hasil pengujian signifikasi dengan uji t diperoleh thitung (5,200 > ttabel 2,028) sedangkan nilai Sig.<0,05 (0,000 < 0,05), sehingga hipotesis II dinyatakan Ha diterima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pengaruh persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap hasil belajar siswa. (3) Hasil uji signifikasinya, untuk nilai signifikasi motivasi belajar (Y1) sebesar (0,001<0,05), dan nilai signifikasi untuk hasil belajar (Y2) sebesar (0,002<0,05), sehingga hipotesis III dinyatakan Ha dierima. Maka dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara persepsi siswa tentang kemampuan komunikasi guru terhadap motivasi dan hasil belajar siswa.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 16:17 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 16:17 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15226 |
Actions (login required)
View Item |