PENGARUH UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP), AUDITOR SPESIALIS INDUSTRI, DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016-2021)

Anwar, Choirul (2022) PENGARUH UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK (KAP), AUDITOR SPESIALIS INDUSTRI, DAN AUDIT TENURE TERHADAP MANAJEMEN LABA DENGAN KUALITAS LAPORAN KEUANGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Perusahaan Yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
CHOIRUL ANWAR-63030180013-SKRIPSI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Anwar, Choirul. 2022. Pengaruh Ukuran Kantor Akuntan Publik (KAP), Auditor Spesialis Industri, dan Audit Tenure Terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Laporan Keuangan sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII) Periode 2016-2021). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Strata Satu Akuntansi Syariah Institut Agama Islam Negeri Salatiga (IAIN) Salatiga. Dosen pembimbing: Nur Kabib, S.E., M.Si., M.Pd.Ak.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Ukuran Kantor Akuntan Publik, Auditor Spesialis Industri, dan Audit Tenure Terhadap Manajemen Laba dengan Kualitas Laporan Keuangan Sebagai Variabel Intervening Studi Kasus pada Perusahaan Yang Terdaftar di JII Periode 2016-2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan data sekunder yang berupa data panel. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling, yang diperoleh sebanyak 9 perusahaan yang terdaftar di JII periode 2016-2021 maka didapat 54 observasi pengamatan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel ukuran KAP dan auditor spesialis industri berpengaruh positif signifikan terhadap manajemen laba. Variabel audit tenure dan kualitas laporan keuangan berpengaruh negatif signifikan terhadap manajemen laba. Variabel ukuran KAP berpengaruh negatif signifikan terhadap kualitas laporan keuangan. Variabel auditor spesialis industri dan audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas laporan keuangan. Setelah dilakukan pengujian path analysis dan uji sobel, variabel kualitas laporan keuangan mampu memediasi pengaruh ukuran KAP terhadap manajemen laba. Variabel kualitas laporan keuangan tidak mampu memediasi pengaruh auditor spesialis industri dan audit tenure terhadap manajemen laba.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2022 01:20
Last Modified: 08 Nov 2022 01:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15234

Actions (login required)

View Item View Item