PERSIAPAN PEMBERLAKUAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (MB) DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 SALATIGA

MILLAH, UMI SAKHIYATUL (2022) PERSIAPAN PEMBERLAKUAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR (MB) DI TK AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 5 SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
skripsi revisi sidang new (Recovered).pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui alasan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga memutuskan untuk memberlakukan kurikulum merdeka belajar, 2) Untuk mengetahui persiapan yang telah dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga dalam menghadapi kurikulum merdeka belajar, 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam proses pemberlakuan kurikulum merdeka belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga. Jenis penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data menggunakan metode triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: 1) Alasan TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga memutuskan untuk memberlakukan kurikulum merdeka belajar adalah anjuran dari dinas pendidikan dengan tetap memberikan kebebasan sekolah untuk memilih jenis implementasi kurikulum merdeka belajar yang akan digunakan, 2) Berbagai persiapan yang telah dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga dalam menghadapi pemberlakuan kurikulum merdeka belajar adalah membeli beberapa buku yang berkaitan dan dapat dijadikan referensi mengenai kurikulum merdeka belajar, menambah alat permainan edukatif, mengikuti berbagai seminar, webinar, workshop berkaitan dengan kurikulum merdeka belajar, saling sharing dengan teman sejawat, dan membaca berbagai literatur tentang kurikulum merdeka belajar, 3) Faktor pendukung dalam proses pemberlakuan kurikulum merdeka belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga adalah sumber daya manusia yang mau berubah, sarana dan prasarana yang ada di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga. Sedangkan untuk faktor penghambat dalam proses pemberlakuan kurikulum merdeka belajar di TK Aisyiyah Bustanul Athfal 5 Salatiga adalah kurikulum merdeka belajar yang masih merupakan hal baru, belum cukup beradaptasi, serta kurangnya pengetahuan mengenai kurikulum merdeka belajar

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2022 12:39
Last Modified: 09 Nov 2022 06:34
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15250

Actions (login required)

View Item View Item