STRATEGI GURU DALAM MENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH BERKEBUTUHAN KHUSUS PAUD ANAK HEBAT KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022

jumiatri, siti (2022) STRATEGI GURU DALAM MENDIDIK ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNARUNGU PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH BERKEBUTUHAN KHUSUS PAUD ANAK HEBAT KECAMATAN TEMBALANG KOTA SEMARANG TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SITI JUMIATRI_23050180006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jumiatri, Siti. 2022. Strategi Guru Dalam Mendidik Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu Pada Masa Pandemi Covid – 19 Di Sekolah Berkebutuhan Khusus PAUD Anak Hebat Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I Kata Kunci: Strategi Guru, Tunarungu, dan Belajar Dari Rumah Tujuan penelitian ini terdapat 2 hal yaitu untuk mengetahui apa saja strategi guru dalam mendidik anak berkebutuhan khusus tunarungu pada masa pandemi covid-19 dan penerapan strategi guru dalam pembelajaran yang dilakukan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus tunarungu pada masa pandemi covid-19 di Sekolah Berkebutuhan PAUD Anak Hebat Kecamatan Tembalang Kota Semarang Tahun Ajaran 2021/2022. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru, dan wali murid, dan sumber sekunder yang dapat berupa izin pendirian PAUD, lokasi sekolah, visi dan misi, daftar guru, laporan perkembangan anak, dan hasil penilaian anak. Pengumpulan data ini menggunakan teknik pengambilan data melalui wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, strategi guru mendidik anak berkebutuhan khusus tunarungu yaitu menggunakan metode maternal reflektif, metode bahasa isyarat gestur, dan metode komputer. Kedua penerapan strategi pembelajaran yang dilakukan untuk mendidik anak berkebutuhan khusus tunarungu pada masa pandemi covid-19 ialah strategi yang didalamnya menggunakan metode yang digunakan oleh guru melalui: metode pembelajaran jarak jauh, metode daring, dan metode shift.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? PIAUD ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2022 17:14
Last Modified: 09 Nov 2022 10:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15256

Actions (login required)

View Item View Item