PENGARUH NET OPERATING MARGIN (NOM), NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Bank Umum Syariah 2016-2021)

Azis, Abdul (2022) PENGARUH NET OPERATING MARGIN (NOM), NON PERFORMING FINANCING (NPF) DAN CAPITAL ADEQUACY RATIO (CAR), TERHADAP RETURN ON ASSETS (ROA) DENGAN PEMBIAYAAN BAGI HASIL SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi pada Bank Umum Syariah 2016-2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_ABDUL AZIS_PERBANKAN SYARIAH_63010180192_FEBI.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Azis, Abdul. 2022. Pengaruh Net Operating Margin (NOM), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR), terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Bank Umum Syariah Dengan Pembiayaan Bagi Hasil sebagai Variabel Moderating (Periode 2016-2021). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1-Perbankan Syariah IAIN Salatiga. Pembimbing: Saifudin, M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Net Operating Margin (NOM), Non Performing Financing (NPF), dan Capital Adequacy Ratio (CAR), terhadap Profitabilitas (ROA) Pada Bank Umum Syariah Dengan Pembiayaan Bagi Hasil sebagai Variabel Moderating (Periode 2016-2021). Jenis penelitian ini ialah kuantitatif dengan data sekunder berbentuk data panel dari laporan keuangan tahunan yang dipublikasikan masing-masing website bank. Analisis Moderated Regression Analysis (MRA) digunakan untuk menganalisis data dengan alat bantu Eviews versi 10. Hasil penelitian ini meunjukkan bahwa secara simultan variabel NOM, NPF, dan CAR, memiliki pengaruh terhadap ROA. Hasil dari penelitian setelah dilakukan pengolahan data menunjukan bahwa variabel NOM dan variabel CAR berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap ROA. Variabel NPF berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap ROA. Kemudian variabel NOM dan variabel CAR dimoderasi PBH berpengaruh positif dan signifikan terhadap ROA, sedangkan variabel NPF yang dimoderasi PBH memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap ROA. Kata Kunci : NOM, NPF, CAR, ROA, Pembiayaan Bagi Hasil.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah (S1)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2022 21:26
Last Modified: 10 Nov 2022 13:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15261

Actions (login required)

View Item View Item