PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2021)

Febriyanti, Dea (2022) PENGARUH PROFITABILITAS, UKURAN PERUSAHAAN, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING (ISR) SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2021). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
SKRIPSI DEA FEBRIYANTI 63030180070.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji Pengaruh Profitabilitas, Ukuran Perusahaan, dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan dengan Islamic Social Reporting (ISR) Sebagi Variabel Moderasi (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Tahun 2017-2021). Penelitian ini tergolong penelitian kuantitatif dengan populasi perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index (JII). Sedangkan sampel penelitian ini ditentukan dengan metode purposive sampling dengan kriteria yang ditentukan oleh peneliti sehingga diperoleh sampel sejumlah 12 perusahaan dari populasi 30 perusahaan tahun 2017-2021. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan uji Moderated Regression Analysis (MRA) menggunakan software pengolah data Eviews 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara persial profitabilitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, ukuran perusahaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Hasil Moderated Regression Analysis menunjukkan bahwa ISR tidak mampu memoderasi hubungan antara profitabilitas dan nilai perusahaan, ISR mampu memoderasi atau memperlemah hubungan antara ukuran perusahaan dengan nilai perusahaan, dan ISR mampu memoderasi atau memperkuat hubungan antara leverage dan nilai perusahaan.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: ?? AKS ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2022 22:18
Last Modified: 09 Nov 2022 22:18
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15262

Actions (login required)

View Item View Item