PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INQUIRY SOCIO SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA

Setiawan, Rezal Anando (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DIGITAL BERBASIS INQUIRY SOCIO SCIENTIFIC ISSUES UNTUK MEMBERDAYAKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA PADA TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN KELAS VII SMP NEGERI 3 SALATIGA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI Rezal Anando Setiawan 23060180088.pdf

Download (9MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui proses pengembangan, kelayakan, kepraktisan, dan hasil penggunaan media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues untuk memberdayakan kemampuan literasi sains peserta didik pada tema pencemaran lingkungan. Penelitian dan pengembangan ini menerapkan dan memodifikasi langkah-langkah penelitian dari Sugiyono, yaitu 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) revisi desain; 6) uji coba produk; 7) revisi produk I; 8) uji coba pemakaian; 9) revisi produk II; dan 10) produk akhir. Pengembangan media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues dilakukan penilaian kelayakan oleh ahli dan penilaian kepraktisan oleh pendidik dan peserta didik, serta diuji cobakan terhadap peserta didik kelas VII menggunakan one group pretest-posttest design. Teknik analisis data menggunakan uji paired sample T test dan n-gain score. Hasil penelitian membuktikan bahwa: 1) Media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues dikembangkan menggunakan langkah-langkah penelitian dari Sugiyono; 2) Media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues memperoleh rata-rata hasil uji kelayakan sebesar 92,31 % berkategori sangat layak; 3) Media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues memperoleh rata-rata hasil uji kepraktisan oleh pendidik sebesar 95,15 % berkategori sangat praktis dan rata-rata hasil uji kepraktisan oleh peserta didik sebesar 83,66 % berkategori sangat praktis; 4) Hasil penggunaan media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues menggunakan uji paired sample t test memperoleh t hitung > t tabel, yaitu 17,964 > 2,060 dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak dan Ha diterima yang berarti ada perbedaan yang signifikan antara pretest dan posttest literasi sains dengan n-gain score sebesar 0,58 berkategori sedang. Hal ini menunjukkan bahwa media pembelajaran digital berbasis inquiry socio scientific issues sangat layak, sangat praktis, dan efektif untuk memberdayakan kemampuan literasi sains peserta didik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 11 Nov 2022 03:50
Last Modified: 10 Nov 2022 21:55
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15278

Actions (login required)

View Item View Item