Analisis Konsumsi Media Sebagai Hasil Filter Bubble Serta Implikasinya Dalam Perilaku (Studi Pada Audiens Youtube Generasi Z Penggemar Konten Dakwah)

Irawan, Doni (2022) Analisis Konsumsi Media Sebagai Hasil Filter Bubble Serta Implikasinya Dalam Perilaku (Studi Pada Audiens Youtube Generasi Z Penggemar Konten Dakwah). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Doni Irawan_KPI_43010180094_Skripsi Stampel.pdf

Download (2MB)

Abstract

Konsumsi media sebagai hasil filter bubble berpotensi menimbulkan ancaman masalah laten terhadap penggunanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsumsi media, mendeskripsikan sajian konten sebagai hasil filter bubble, dan mengetahui implikasinya dalam perilaku pada audiens Youtube generasi Z penggemar konten dakwah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan metode riset studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini berasal dari informan yang merupakan audiens Youtube generasi Z penggemar konten dakwah. Dalam pengumpulan datanya dilakukan dengan teknik observasi, wawancara, rekaman arsip, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya dilakukan dengan menggunakan model Robert K Yin dengan membuat penjodohan pola dan membuat eksplanasi. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa: 1) Konsumsi media terjadi dengan adanya interaksi antara pengguna media (user) dengan media smart phone dengan konten dakwah dalam aplikasi Youtube pada durasi waktu satu hingga tiga jam dengan motif internal dan eksternal untuk mencapai tujuan yang bersifat edukasi. 2) Gambaran sajian terpaan konten yang muncul atau tersaji dalam laman beranda Youtube sebagai hasil filter bubble tampak homogen dan didominasi konten-konten video dakwah. 3) Implikasi dari konsumsi media dalam perilaku terjadi dalam beberapa ranah dalam perilaku. Dalam ranah kognitif menjadikan mereka mengetahui mengenai tinggi derajat manusia dari pada setan, mengenai hukum riba dalam bertransaksi, adab bersosial dengan cara Nabi, memahami retorika dakwah para Habib, serta tauladan untuk menjadi manusia lebih baik seperti tokoh-tokoh terkemuka dalam Islam. Dalam ranah afektif implikasinya berupa penghayatan terhadap iman, mendapatkan semangat, motivasi, perasaan haru dan tergugah, munculnya rasa ingin tahuan tentang Islam, dan terciptanya perasaan nyaman dalam menjalani hidup, serta semakin sayang dengan orang tua. Pada ranah konatif bentuk implikasi terjadi dalam kehidupan lebih memperhatikan ketepatan waktu dalam menjalankan ibadah salat terlebih untuk berjamaah, bertambah semangat dalam melaksanakan ibadah sunnah seperti salat dhuha, tahajud, witir dan membiasakan puasa setiap hari Senin dan Kamis. Serta komunikasi dengan orang tua yang membaik, dan selektif dalam bergaul dengan teman. Dalam tindakan konsumsi media konten dakwah di Youtube, implikasi terjadi pada referensi konten dan channel yang dipilih.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 12 Nov 2022 14:15
Last Modified: 28 Nov 2022 10:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15291

Actions (login required)

View Item View Item