INTERAKSI EDUKATIF GURU RUMPUN PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2022

Khoiriyah, (2022) INTERAKSI EDUKATIF GURU RUMPUN PAI DALAM MENANAMKAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA DI MTs NEGERI 1 KOTA MAGELANG TAHUN 2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI KHOIRIYAH 23010180162.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tujuan penelitian yang dijalankan ini yaitu memahami: (1) Bagaimana interaksi edukatif yang dilakukan oleh guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap sopan santun; (2) Faktor pendukung interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap sopan santun; (3) Faktor penghambat interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap sopan santun; (4) Bagaimana interaksi edukatif yang dilakukan guru oleh rumpun PAI dalam menanamkan sikap tanggung jawab; (5) Faktor pendukung interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap tanggung jawab; (6) Faktor penghambat interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap tanggung jawab. Penelitian yang dijalankan ini masuk ke dalam kategori penelitian lapangan yang sifatnya kualitatif deskriptif. Data yang hendak didapatkan bersumber dari sumber data primer berbentuk hasil wawancara dengan kepala madrasah, waka kesiswaan, guru rumpun PAI, dan siswa, serta sumber sekunder berupa hasil observasi, dokumentasi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, penyanjian data, penarikan kesimpulan, dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap sopan santun dilakukan melalui pembiasaan, keteladanan, bercerita, dan nasihat. (2) Faktor pendukungnya yaitu: kecerdasan, pemahaman ajaran agama, dukungan dari keluarga (orang tua), lingkungan masyarakat, dan sekolah. (3) Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya kesadaran diri siswa, pengaruh buruk dari teman, dan sosial media yang digunakan secara berlebihan. (4) Interaksi edukatif guru rumpun PAI dalam menanamkan sikap tanggung jawab melalui pembiasaan dengan jadwal kegiatan rutin, pemberian tugas, pemberian hadiah dan hukuman. (5) Faktor pendukungnya meliputi: eksistensi guru agama, sarana prasarana, dan adanya peraturan/tata tertib. (6) Faktor penghambatnya yaitu: kurangnya motivasi siswa, kurangnya perhatian orang tua, dan pengaruh buruk dari teman sebaya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 14 Nov 2022 17:18
Last Modified: 14 Nov 2022 10:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15298

Actions (login required)

View Item View Item