PRAKTIK SDGs DESA PADA KONDISI COVID-19 DITINJAU DARI MASLAHAH MURSALAH DAN PERMENDES PDTT NO 13 TAHUN 2020 (Stusdi Kasus di Desa Sumogawe Kabupaten Semarang)

M, Fauzi Zainul (2022) PRAKTIK SDGs DESA PADA KONDISI COVID-19 DITINJAU DARI MASLAHAH MURSALAH DAN PERMENDES PDTT NO 13 TAHUN 2020 (Stusdi Kasus di Desa Sumogawe Kabupaten Semarang). [UNSPECIFIED]

[img] Text
FAUZI ZAINUL MUTTAQIN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu upaya pemerintah untuk membantu memberikan solusi perekonomian masyarakat pedesaan adalah Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT DD). Diharapkan kegiatan ini dapat meringankan beban perekonomian di tengah merebaknya wabah COVID-19, khususnya di lokasi penelitian di Desa Sumogawe. Selama pelaksanaan BLT DD, terdapat beberapa kendala yaitu dalam penyaluran BLT DD yang mana ada salah satu penerima BLT DD mendapatkan bantuan dalam bentuk lain dari pemerintah. Menyebabkan tertundanya pelaksanaan BLT-DD untuk mewujudkan percepatan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa pada masa pandemi Covid-19. Kemudian tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui Praktik SDGs Desa Berdasarkan Perspektif Maslahah Mursalah dan Permendes Pdtt No 13 Tahun 2020. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan (Field Research) menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan pendekatan yuridis empiris. Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis menggunakan metode kualitatif yaitu dengan temuan fakta-fakta penelitian yang dituangkan secara logis dan sistematis yang kemudian dianalisis dijadikan kesimpulan dari penelitian tersebut, Hasil penelitian Praktik SDGs Desa Berdasarkan Maslahah Mursalah dan Permendes PDTT No 13 Tahun 2020. Dilihat dari segi maslahah mursalah keputusan pemerintah desa mampu mewujudkan kemaslahatan masyarakat, namun dari peraturan Permendes PDDT No 13 Tahun 2020 belum sesuai dikarenakan masih ada beberapa faktor yang harus diperbaiki dalam hal pendataannya.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Nov 2022 19:08
Last Modified: 18 Nov 2022 14:05
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15315

Actions (login required)

View Item View Item