PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-IHSAN DOGLO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022

salsabila, ainayya (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK MATERI AKHLAK TERCELA MENGGUNAKAN METODE ROLE PLAYING DAN JIGSAW PADA SISWA KELAS VIII MTs AL-IHSAN DOGLO KABUPATEN BOYOLALI TAHUN AJARAN 2021/2022. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI AINAYYA SALSABILA REVISI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ainayya salsabila. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Akidah Akhlak Materi Akhlak Tercela Menggunakan Metode Role playing dan Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII MTs Al-Ihsan Doglo Boyolali Tahun Ajaran 2021/2022. Skripsi, UIN Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M. Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar; Metode Role playing dan Jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Akidah Akhlak materi Akhlak Tercela (ananiah, putus asa, ghadab, tamak) Dengan menggunakan Metode Role playing dan Jigsaw Pada siswa Kelas VIII MTs Al-Ihsan Doglo Tahun Ajaran 2021/2022. Subjek yang diteliti terdiri dari 37 Perempuan. Penelitian ini merupakan penelitian Tindakan kelas, dengan menggunakan dua siklus . tiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah membandingkan pencapaian dengan Ketuntasan Belajar Minimal (KBM) yang ditentukan sekolah yaitu 72 dan ditandai dengan upaya meningkatkan Kriteria ketutasan Klasikal sebesar 85%. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pada setiap siklusnya. Data hasil penelitian ini menunjukkan nilai prasiklus memperoleh rata-rata 67 dengan 6 siswa tuntas (16,2%) dan 31 siswa belum tuntas (83,8%). Siklus I nilai rata-rata 73,5 dengan 19 siswa tuntas (51,4%) dan 18 siswa belum tuntas (48,6%). Siklus II nilai rata-rata 86,4 dengan 33 siswa tuntas (89,2%) dan 4 siswa belum tuntas (10,8%)

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 16:03
Last Modified: 17 Nov 2022 10:03
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15323

Actions (login required)

View Item View Item