Pengembangan Media Big Book "Gemar Membaca" Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi

YULIANINGSIH, ULFA (2022) Pengembangan Media Big Book "Gemar Membaca" Berbasis Canva Dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
TESIS ULFA YULIANINGSIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Yulianingsih, Ulfa. 2022. Pengembangan Media Big Book “Gemar Membaca” Berbasis Canva dalam Meningkatkan Keterampilan Literasi. Tesis Pascasarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Noor Malihah, S.Pd., M. Hum., Ph.D. Tujuan Penelitian ini adalah (1) menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan media big book berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa; (2) menghasilkan bentuk media big book berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan literasi pada siswa; (3) mengetahui efektivitas hasil pengembangan media big book berbasis canva untuk meningkatkan keterampilan literasi pada siswa di kelas I MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo, Salatiga. Metode dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas I MI Tarbiyatul Islamiyah Noborejo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah pedoman wawancara, instrumen naskah bacaan, pedoman penilaian pretest dan posttest, lembar uji coba kelompok kecil, dan kelompok besar. Adapun tahapan R&D adalah sebagai berikut: 1) analysis, 2) design; 3) develop; 4) implementation; dan 5) Evaluation. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) media canva berbasis big book merupakan media yang penting dibutuhkan untuk menunjang peserta didik dalam meningkatkan keterampilan literasi. 2) pengembangan media canva berbasis big book dilakukan melalui beberapa tahapan a) hasil uji validasi ahli materi dan ahli media mendapatkan nilai rata-rata 4,34 yang berarti big book sangat layak digunakan, b) kemudian efektivitas pengembangan media canva berbasis big book dilakukan melalui 2 kali uji coba, yaitu uji coba kelompok kecil dengan 6 orang peserta didik memperoleh nilai rata-rata 4,5 dan uji coba kelompok besar dengan 21 peserta didik diperoleh nilai rata-rata 4,32. Berdasarkan dari uji coba tersebut media berbasis big book layak untuk digunakan. 3) uji efektivitas terhadap media canva berbasis big book dianalisis SPSS 28 dan diperoleh uji t paired sample ttest 11,939 lebih besar dari t tabel 2,080 dengan p=0,000<0,005. Dengan demikian media canva berbasis big book efektif meningkatkan keterampilan literasi siswa kelas I MI Tariyatul Islamiyah Noborejo, Kota Salatiga. Implikasi dari temuan penelitian ini adalah bahwa media canva berbasis big book “Gemar Membaca” dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang menunjang siswa meningkatkan keterampilan literasi secara mandiri. Kata Kunci: Big Book, Literasi, Media, Canva

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 17:35
Last Modified: 17 Nov 2022 10:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15328

Actions (login required)

View Item View Item