PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TAJWID MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023

Maryono, Septi (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI TAJWID MELALUI METODE COOPERATIVE SCRIPT DAN MAKE A MATCH PADA SISWA KELAS VIII-A DI SMP NEGERI 1 SUSUKAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_SEPTI_MARYONO_23010180264[1] (2).pdf

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Maryono, Septi. 2022. Peningkatan Hasil Belajar Materi Tajwid Melalui Metode Cooperative Script Dan Make A Match Pada Siswa Kelas VIII-A Di SMP N 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Syaefudin Achmad, M.Pd. Kata Kunci: Hasil Belajar, Materi Tajwid, Metode Cooperative Script , Metode Make A Match . Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Cooperative Script dan Metode Make A Match bisa meningkatkan hasil belajar siswa materi Tajwid pada peserta didik kelas VIII-A di Sekolah Menengah Pertama Negeri 01 Susukan Kab. Semarang semester genap tahun ajaran 2022. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari beberapa langkah, yaitu: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan tes, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian penerapan Metode Cooperative Script dan Metode Make A Match, dapat diambil kesimpulan bahwa metode yang digunakan ini dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Tajwid Pada siswa kelas VIII-A SMP N 01 Susukan Kab. Semarang tahun pelajaran 2022. Hal ini dibuktikan dari hasil prasiklus yang prosentase keberhasilannya hanya 39,6% (13 peserta didik dengan nilai diatas KBM), sesudah diterapkan metode Cooperative Script dan Make A Match terjadi peningkatan hasil belajar peserta didik. pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 20 peserta didik atau 66% dari 31 peserta didik dengan rata-rata kelas 70,6. Sedangkan di siklus II siswa yang tuntas bertambah menjadi 27 siswa atau 84% dari 31 peserta didik dengan rata-rata kelas 81,2. oleh karena itu Penelitian ini dikatakan berhasil untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan agama Islam Materi Tajwid pada peserta didik Kelas VIII-A SMP N 1 Susukan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Nov 2022 21:31
Last Modified: 17 Nov 2022 14:40
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15331

Actions (login required)

View Item View Item