PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA DAN SIFATNYA MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MI NAFIATUL HUDA DEMAKAN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017

MAYANG F, NUCHA AHYAR (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR SEDERHANA DAN SIFATNYA MELALUI STRATEGI NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS III MI NAFIATUL HUDA DEMAKAN KECAMATAN BANYUBIRU KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2016/2017. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
nucha.pdf

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Fauni, Nucha Ahyar Mayang. 2017. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Sederhana Melalui Strategi Numbered Head Together (NHT) Pada Siswa Kelas III MI Nafiatul Huda Demakan Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Jaka Siswanta, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Numbered Head Together (NHT) dan Hasil Belajar Penelitian ini merupakan upaya untuk meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar sederhana dan sifatnya melalui penerapan strategi Numbered Head Together (NHT) pada siswa kelas III di MI Nafiatul Huda Demakan Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang. Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran matematika, yang ditunjukkan dengan nilai sebagian besar siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hal ini diduga karena kondisi pembelajaran yang masih bersifat konvensional. Peneliti ingin mencoba menerapkan suatu strategi pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif berinteraksi dengan lingkungannya. Penelitian yang peneliti ambil adalah dengan strategi Numbered Head Together (NHT) dengan mengelompokkan siswa ke dalam kelompok untuk berpikir bersama dengan ciri utamanya penunjukan siswa secara acak untuk menjawab pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah strategi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar sederhana dan sifat-sifatnya kelas III di MI Nafiatul Huda Demakan Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun ajaran 2016/2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas III MI Nafiatul Huda Demakan Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang yang berjumlah 25 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 1 bulan mulai dari bulan Februari sampai Maret tahun 2017. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 2 kali siklus pembelajaran yang masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes tertulis, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Data dianalisis secara statistik menggunakan rumus persentase. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan strategi Numbered Head Together (NHT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika materi bangun datar sederhana dan sifat- sifatnya kelas III di MI Nafiatul Huda Demakan Kecamatan Banyubiru Kabupaten Semarang tahun ajaran 2016/2017. Terbukti pada nilai ulangan pra siklus terdapat 6 siswa atau 24% siswa yang tuntas belajar dengan nilai rata-rata 54,8. Pada siklus I jumlah siswa yang tuntas belajar ada 17 siswa atau 68% dengan nilai rata-rata 72,8. Pada siklus II terdapat 23 siswa yang tuntas belajar atau 92% dengan nilai rata-rata 80,8. Hasil belajar pada siklus II menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal yang diharapkan sudah tercapai yaitu ≥ 85% siswa yang tuntas belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 02:54
Last Modified: 13 Apr 2017 02:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1534

Actions (login required)

View Item View Item