abdillah, supriadi (2022) KONSEP PENDIDIKAN NASIONALISME MENURUT SYAIKH MUSTAFA AL-GULAYAINI DALAM KITAB ‘IZAH AL-NASYIIN. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Supriadi Abdillah 23010180110.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Abdillah, Supriadi, 2022. Konsep Pendidikan Nasionalisme Menurut Syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam Kitab ‘Izah Al-nasyiin. Program Studi Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Muh. Hafidz, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan Nasionalisme, Syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini, Kitab ‘Izah Al-nasyiin Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui “bagaimana pendidikan nasionalisme menurut syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n, bagaimana relevansi pemikiran syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n terhadap pendidikan Islam sekarang, dan apa saja implikasi pendidikan menurut syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n terhadap pengembangan karakter cinta tanah air?”. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan atau Library Research, yaitu suatu rangkaian kegiatan tentang metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan data. Penelitian ini dilakukan dengan cara mengumpulkan bahan data dari sumber kepustakaan berupa buku, jurnal ilmiah, kitab berbahasa arab, serta data-data dari dokumen lainnya sehingga dapat diperoleh informasi yang benar tentang pendidikan nasionalisme menurut syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsep pendidikan nasionalisme menurut syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n adalah yaitu konsep pendidikan kemanusiaan, konsep pendidikan patriotisme, konsep pendidikan demokratis, dan konsep pendidikan kemerdekaan. Selanjutnya relevansi pendidikan nasionalisme yang terdapat dalam kitab ‘Iz}ah Al-nasyii>n dengan pendidikan islam sekarang ini masih relevan, hal ini ini dibuktikan dengan tujuan pendidikan islam yaitu mencetak generasi bangsa yang dapat mencounter pemikiran dan tindakan yang dapat merusak ketentraman negara Indonesia serta generasi yang dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Kemudian implikasi konsep pendidikan nasionalisme terhadap pengembangan karakter cinta tanah air menurut syaikh Mus}t}afa Al-gulayaini yaitu menjalin kerjasama, menjalankan kemandirian, dan menghormati simbol negara.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Nov 2022 17:31 |
Last Modified: | 20 Nov 2022 10:56 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15343 |
Actions (login required)
View Item |