ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN KONTRAK KERJA (Studi Kasus Pembangunan Perumahan Cempaka Sari Kota Salatiga)

arisanti, Anisa lutfi (2022) ANALISIS HUKUM ISLAM DAN HUKUM POSITIF TERHADAP PEMENUHAN HAK DAN KEWAJIBAN KONTRAK KERJA (Studi Kasus Pembangunan Perumahan Cempaka Sari Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI ANISA LUTFI ARISANTI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembangunan perumahan Cempaka Sari Kota Salatiga merupakan perusahaan yang dikembangkan oleh PT.AriaTridjayaLand. Keberadaan dan keberlangsungan proyek pembangunan ini dimulai dari kerjasama kontraktor dan juga buruh, yang mengatur dan berperan penting terhadap berjalannya pelaksanaan pembangunan perumahan Cempaka Sari Kota Salatiga pada target yang telah ditentukan dan disepakati bersama. Namun dalam terlaksananya kontrak kerja ada kejanggalan terhadap pemenuhan hak dan kewajiban pihak-pihak yang melakukan perjanjian dan berdampak besar juga bagi tidak terlaksanakannya tujuan perusahaan secara baik, Maka dengan latar belakang tersebut, peneliti tertarik untuk meneliti tentang. 1. Bagaimana pelaksanaan kontak kerja antara Kontraktor dan Buruh di Proyek Pembangunan Perumahan Cempaka kota Salatiga? 2. Bagaimana pelaksanaan kontak kerja perspektif hukum islam? 3. Bagaimana pelaksanaan kontak kerja perspektif Undang-Undang No.13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang menggunakan pendekatan yuridis normatif. Yaitu penelitian dengan mengumpulkan data mengenai penyelesaian masalah pemenuhan kewajiban buruh pada pelaksanaan permbangunan perumahan Cempaka Sari Kota Salatiga ditinjau dari hukum Islam dan ditinjau dari Undang-undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua seumber data, yaitu data primer yang berupa hasil wawancara pada obyek yang diteliti dan data sekunder yang berupa Al-Qur’an, Hadist, buku, internet dan dokumen-dokumen yang berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Implementasi Hak dan Kewajiban Buruh dalam perjanjian kerja bersama kontraktor pada pembangunan perumahan Cempaka Sari kota Salatiga perspektif Hukum Islam dan perspektif Undang-Undang No.13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, berdasarkan tolok ukur hasil observasi dan wawancara. Simpulan dan saran dari penelitian ini adalah komunikasi yang terjalin antara kontraktor dengan pekerja/buruh dan sumber daya dalam perjanjian kerja bersama antara kontraktor dengan pekerja/buruh sudah berjalan dengan sangat baik. Namun, disposisi dan implementor dalam pelaksanaan perjanjan kerja bersama dan tanggungjawab atas hak dan kewajiban buruh mengenai waktu kerja buruh dan pertanggungjawaban fasilitas kerja perlu ditinjau kembali.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2022 14:33
Last Modified: 28 Nov 2022 12:44
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15344

Actions (login required)

View Item View Item