HABIBI, MUHAMMAD ARIEF MUFTI (2016) PENERAPAN DASADARMA PRAMUKA BUTIR KE DELAPAN DALAM MEMBENTUK KARAKTER MAHASISWA MELALUI PENDIDIKAN KEPRAMUKAAN (Studi Pada UKM Pramuka Racana Kusuma Dilaga – Woro Srikandhi IAIN Salatiga). Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIPSI-HABIBI.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Habibi, Muhammad Arief Mufti. 2017. Penerapan Dasadarma Pramuka Butir Ke Delapan Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Melalui Pendidikan Kepramukaan (Studi Pada UKM Pramuka Racana Kusuma Dilaga–Woro Srikandhi IAIN Salatiga). Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Dr. Mukti Ali, M. Hum. Kata Kunci: Penerapan Dasadarma Pramuka Butir ke Delapan dan Pembentukan Karakter Penelitian ini merupakan upaya untuk mengetahui Penerapan Dasadarma Pramuka Butir ke Delapan Dalam Membentukan Karakter (Studi Pada UKM Pramuka Racana Kusuma Dilaga–Woro Srikandhi IAIN Salatiga). Kepramukaan merupakan proses pendidikan ekstra dalam bentuk kegiatan yang menarik, menyenangkan, sehat, teratur, terarah, praktis yang dilakukan di alam terbuka dalam Prinsip Dasar Kepramukaan (PDK) dan Metode Kepramukaan (MK) untuk membentuk watak peserta didik. Sedangkan Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi merupakan salah satu unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bergerak dalam bidang kepramukaan sebagai wadah bagi mahasiswa yang senang dalam mengikuti kegiatan kepramukaan. Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi merupakan wadah untuk berlatih serta pengembangan diri, baik dibidang kepramukaan, mental, spiritual, karakter maupun di bidang lainnya yang dapat digunakan sebagai bekal dalam kehidupan masyarakat dan bangsa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Sesuai pendekatan yang digunakan, maka kehadiran peneliti dalam penelitian ini menjadi mutlak adanya. Penelitian ini dilakukan di Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi IAIN Salatiga dengan informan pengurus, anggota dan juga alumni Racana. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer meliputi observasi dan wawancara dan data sekunder berupa dokumentasi. Hasil penelitian dapat diketahui bahwa karakter merupakan pembeda antar individu satu dengan yang lainnya yaitu berwujud budi pekerti yang terpancar dari perilakunya. Kandungan dasadarma ke delapan berupa karakter disiplin, berani, dan setia. Pembentukan karakter yang dilakukan di Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi dilakukan melalui setiap kegiatan yang dilaksanakan. Kegiatan yang dilaksanakan diantaranya Pendidikan dan Latihan Calon Pramuka Pandega, rapat koordinasi, latihan ruti, dan bina SGT (Siaga, Galang, Tegak). Setiap kegiatan yang dilaksanakan di Racana Kusuma Dilaga-Woro Srikandhi dilakukan dengan menggunakan metode yang menarik, menantang, mendidik dan menyenangkan akan membuat seseorang tidak merasa jenuh dan bosan dalam belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 03:01 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 03:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1535 |
Actions (login required)
View Item |