PERAN TOUR LEADER JEMAAH IBADAH HAJI DAN IBADAH UMRAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI PT AL ANSHOR MADINAH BAROKAH KOTA YOGYAKARTA

fawaid, Lora akhlis (2022) PERAN TOUR LEADER JEMAAH IBADAH HAJI DAN IBADAH UMRAH DALAM MENINGKATKAN PELAYANAN DI PT AL ANSHOR MADINAH BAROKAH KOTA YOGYAKARTA. [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI LULUS Lora Akhlis Fawaid.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perjalanan ibadah haji dan umrah bukan perjalanan yang dekat dan singkat, maka dari itu perlu beberapa pihak yang mengatur dan melayani. Dalam hal ini, penyelenggara ibadah haji dan umrah adalah Kementerian Agama dan biro perjalanan haji dan umrah yang sudah mendapat ijin dari Kementerian Agama. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui peran tour leader jemaah ibadah haji dan ibadah umrah dalam meningkatkan pelayanan di PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta beserta faktor pendukung dan pengambatnya. Jenis dari penelitian ini ialah penelitian lapangan yang besifat deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara kepada manajer, tour leader jemaah haji dan umrah, serta alumni jemaah PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta. Kemudian sumber data sekunder diperoleh melalui jurnal, studi pustaka, dan foto-foto kegiatan pelayanan dari tour leader serta pelayanan PT Al Anshor Madinah Barokah kepada jemaah haji dan umrah. Proses pengumpulan data ini dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: tour leader dalam biro perjalanan haji dan umrah PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta telah melaksanakan tugasnya dengan baik dan benar begitu pula pelayanan yang diberikan oleh PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta. PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta memberikan pelayanan dengan menggunakan tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan emphaty. Tugas tour leader, di PT Al Anshor Madinah Barokah Kota Yogyakarta meliputi membimbing, mendampingi, dan melayani jemaah selama ibadah haji dan umrah. Faktor pendukung dari pelayanan tour leader ialah, adanya koordinasi yang baik antara pimpinan dan karyawan kantor Al Anshor dengan tour leader serta tour leader yang sudah menguasai bidang haji dan umrah. Selain itu Al Anshor juga memiliki kerjasama dengan tour guide di Arab Saudi yang siap membantu tour leader melayani jemaah haji dan umrah. Faktor penghambat dari pelayanan tour leader terkadang ada miskomunikasi dengan pihak hotel dan transportasi, dikarenakan terkadang keadaan sewaktu-waktu bisa berubah.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah > Manajemen Dakwah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Nov 2022 20:36
Last Modified: 21 Dec 2022 11:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15353

Actions (login required)

View Item View Item