ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI KONTEN KREATIF RADIO DAN CHANNEL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Bass FM dan Bass TV Salatiga)

Alwafy, Ahmad Ghozi (2022) ANALISIS PERBANDINGAN STRATEGI KONTEN KREATIF RADIO DAN CHANNEL YOUTUBE SEBAGAI MEDIA DAKWAH (Studi Pada Bass FM dan Bass TV Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Ahmad Ghozi Alwafy_43010170018_Skripsi.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang analisis perbandingan strategi konten kreatif radio dan youtube sebagai media dakwah (studi pada Bass FM dan Bass TV). Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana konten kreatif pada Radio Bass FM sebagai media dakwah, (2) Bagaimana konten kreatif pada Channel Youtube Bass TV sebagai media dakwah dan (3) Bagaimana perbandingan konten kreatif pada Radio Bass FM dan Channel Youtube Bass TV. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konten kreatif pada Radio Bass FM dan Channel Youtube Bass TV serta mengetahui perbandingan strategi konten kreatif pada Radio Bass FM dan Youtube Bass TV. Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian metode kualitatif studi kasus deskriptif, yaitu penyelidikan empiris yang menyelidiki fenomena kontemporer dalam konteks kehidupan nyata. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni hasil wawancara pihak Bass dan sumber sekunder yang dapat berupa foto-foto proses pembuatan dakwah grafis. Pengumpulan data ini dilakukan dengan mengadakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisa data pattern matching oleh Robert K. Yin. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) konten kreatif dalam radio Bass FM Salatiga terbagi menjadi 3 macam yaitu musik dan hiburan, informasi serta keagamaan. (2) Konten yang ada di Channel Youtube Bass TV yaitu ada dua tipe live streaming, pertama live streaming di luar studio dan kedua live streaming yang dilakukan dalam studio. (3) Perbandingan strategi konten kreatif Radio Bass FM ix Salatiga dan Channel Youtube Bass TV sebagai Media Dakwah (Studi Analisis SWOT), penulis menyimpulkan bahwa kekuatan konten kreatif Youtube Bass TV sebagai media dakwah relatif lebih unggul dan lebih berhasil dibanding Radio Bass FM.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 13:26
Last Modified: 23 Nov 2022 12:41
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15355

Actions (login required)

View Item View Item