Tingkat Kesadaran Hukum Islam Suami Istri Tunanetra Dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban (Studi Pasangan Tunanetra Di Kabupaten Kudus)

Rosyidin, Faisal (2022) Tingkat Kesadaran Hukum Islam Suami Istri Tunanetra Dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban (Studi Pasangan Tunanetra Di Kabupaten Kudus). [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
Faisal Rosyidin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Rosyidin, Faisal. 2022. Tingkat Kesadaran Hukum Islam Suami Istri Tunanetra Dalam Pelaksanaan Hak dan Kewajiban (Studi Pasangan Tunanetra di Kabupaten Kudus). Skripsi. Fakultas Syari’ah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Yusuf Khummaini, S.H.I., M.H. Kata Kunci: Kesadaran Hukum, Hak dan Kewajiban, Tunanetra Kesadaran hukum merupakan hal yang perlu dimiliki setiap manusia, apalagi kesadaran hukum islam khususnya suami tunanetra terkait hak dan kewajiban dalam perkawinan, sehingga diharapkan bisa terciptanya perkawinan yang sesuai dengan hukum. Fokus penelitian ini adalah bagaimana kesadaran hukum suami tunentra dalam pelaksanaan hak dan kewajibannya sebagai suami, serta upaya suai tunanetra dalam pemenuhan hak dan kewajibannya sebagai suami. Penelitian ini adalah jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan yuridis sosiologis. Penelitian ini menggunakan dua sumber data, yaitu data primer yang berupa hasil wawancara pada pasangan suami istri tunanetra di Kabupaten Kudus dan data sekunder yang berupa buku, jurnal, dokumen yang terkait dengan penelitian. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan menggunakan analisis deskriptif. Kesimpulan yang dapat peneliti ambil adalah Suami tunanetra memutuskan untuk menikah berarti sudah siap menerima konsekuensi dalam perkawinan, serta yakin bisa menafkahi keluarga walaupun dengan kekurangan fisik yang tidak dapat melihat, serta tingkat kesadaran hukum suami tunanetra dalam pelaksanaan hak dan kewajiban suami di Kabupaten Kudus terkait pengetahuan, pemahaman, sikap, serta pola perilaku terhadap hukum ialah rendah, meskipun ada beberapa yang tergolong tinggi.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga Islam (Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 16:11
Last Modified: 22 Nov 2022 16:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15356

Actions (login required)

View Item View Item