PEMBAGIAN HARTA ORANG TUA SECARA HIBAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KALISIDI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG)

ulya, zidatul (2022) PEMBAGIAN HARTA ORANG TUA SECARA HIBAH PERSPEKTIF HUKUM ISLAM (STUDI KASUS DI DESA KALISIDI KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG). Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ulya, Zidatul. 2022. Pembagian Harta Orang Tua Secara Hibah Perspektif Hukum Islam (Studi Kasus di Desa Kalisidi Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang). Skripsi. Fakultas Syariah. Program Studi Hukum Keluarga Islam. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Ahmad Sultoni, M. Pd. Kata Kunci: Harta, Hibah Pokok masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan pembagian hibah di Desa Kalisidi? Serta bagaimana prespektif hukum Islam terhadap pembagian harta orang tua secara hibah yang terjadi di Desa Kalisidi yang ditunjuk oleh peneliti sebagai lokasi penelitian. Untuk menjawab pertanyaan tersebut maka penelitian menggunakan field research kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah yuridis sosiologis. Adapun sumber data penelitian ini adalah Tokoh masyarakat, Pengasuh pondok pesantren Al-Uqola', dan masyarakat setempat. Selanjutnya, metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara. Kemudian teknik pengolahan dan analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi data, paparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembagian hibah di Desa Kalisidi dilakukan dengan cara pembagian secara merata, pembagian berdasarkan kebutuhan anak serta pembagian berdasarkan kedekatan emosional. Untuk pembagian hibah sendiri diperbolehkan asalkan berdasarkan syariat Islam serta adil terhadap seluruh penerima hibah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Fiqih (Hukum Islam)
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 22 Nov 2022 20:28
Last Modified: 22 Nov 2022 20:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15358

Actions (login required)

View Item View Item