Fatonah, Nurul (2022) NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM KITAB BIDAYATUL HIDAYAH KARYA IMAM ABU HAMID MUHAMMAD BIN MUHAMMAD AL-GHAZALI. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
NURUL FATONAH_23010170101_PAI.pdf Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Abu Hamid Muhammad bin Muhammad al-Ghazali dan relevansi nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidayatul Hidayah terhadap Pendidikan Agama Islam. Jenis penelitian yang digunakan adalah kajian kepustakaan (Library Research). Sumber data yang digunakan terbagi menjadi dua yaitu sumber data primer (kitab Bidayatul Hidayah) dan sumber data sekunder (buku, ensiklopedi, jurnal, dan sumber lain yang relevan). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi (content analysis). Adapun langkah-langkahnya yaitu penulis terlebih dahulu mengumpulkan sumber-sumber data yang berkaitan kemudia mengkategorikan lalu menganalisis dan yang terakhir menyimpulkan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa terdapat nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Bidayatul Hidayah yang terbagi dalam tiga aspek: pendidikan akhlak dalam aspek mematuhi perintah Allah, pendidikan akhlak dalam aspek menjauhi larangan Allah, dan pendidikan akhlak dalam aspek pergaulan dengan Allah Swt. dan sesama makhluk. Adapun relevansi antara nilai-nilai pendidikan akhlak dan Pendidikan Agama Islam adalah nilai-nilai pendidikan akhlak dibahas dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam dan menjadi cakupan materi yang dibahas dalam Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 05:15 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 05:15 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15363 |
Actions (login required)
View Item |