PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID SKRIPSI Diajukan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd)

MASITHOH, MASITHOH (2016) PENDIDIKAN AKHLAK ANAK DALAM BUKU CARA NABI MENDIDIK ANAK KARYA MUHAMMAD IBNU ABDUL HAFIDH SUWAID SKRIPSI Diajukan Untuk Memperoleh Gelar Sarjana Pendidikan (S.Pd). Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI BAKAR CD.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Masithoh, Silviana. 2016. Pendidikan Akhlak Anak dalam Buku Cara Nabi Mendidik Anak Karya Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid. Pembimbing: Prof. Dr. Mansur, M.Ag. Kata Kunci: Pendidikan, Akhlak, Anak Perhatian tentang pendidikan anak mempunyai daya tarik yang sangat besar bagi pengarang pengarang buku, sehingga banyak karya atau buku ilmiah tentang pendidikan anak. Saat ini, terdapat banyak buku yang mencantumkan arahan atau petunjuk dari Rasulullah tentang pendidikan anak. Buku atau karya- karya tersebut biasa dijadikan acuan orang tua atau pendidik dalam mendidik anak. Terlebih dalam membentuk karakter dan jiwa anak yang kuat semenjak kecil, seperti pendidikan akhlak untuk anak. Penulis tertarik untuk meneliti pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak karya Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid. Berdasarkan latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui lebih dalam tentang: 1). Bagaimana pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak karya Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid. 2). Bagaimana implementasi pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak karya Muhammad Ibnu Abdul Hafidh Suwaid dalam kehidupan sehari-hari. Setelah melakukan penelitian secara mendalam diharapkan peneliti dapat memberikan sumbangan pemikiran tentang pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak karya Muhammad Ibnu abdul Hafidh Suwaid. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kepustakaan (library research). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, mencari, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang berkaitan dengan skripsi ini. Pengumpulan data dibagi menjadi dua sumber yaitu data primer dan sekunder yang digunakan peneliti yaitul kepustakaan (library research). Sedangkan analisis data dalam penelitian ini adalah metode analisis isi (content analysis). Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak yaitu: nilai-nilai adab yang dijabarkan menjadi adab terhadap orang tua, adab terhadap ulama, adab terhadab menghormati dan memuliakan, adab berukhuwah, adab dengan tetangga, adab meminta izin, adab makan dan minum, adab dalam penampilan anak, adab mendengarkan bacaan Al-Qur‟an, perilaku jujur, perilaku menjaga rahasia, perilaku amanah, dan perilaku kebersihan hati dari iri dan dengki. 2). Implementasi pendidikan akhlak anak dalam buku Cara Nabi Mendidik Anak pada kehidupan sehari-hari yaitu sebagai acuan dalam berperilaku maupun bertutur kata yang baik sesuai dengan aturan atau norma agama agar tercipta masyarakat yang harmonis.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Apr 2017 04:23
Last Modified: 13 Apr 2017 04:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1537

Actions (login required)

View Item View Item