Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di SD N 3 Mlowokarangtalun Tahun Ajaran 2020/2021

wibowo, Setyo agung (2022) Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Kelas V Dalam Pembelajaran Daring Di SD N 3 Mlowokarangtalun Tahun Ajaran 2020/2021. [UNSPECIFIED]

[img] Text
setyo agung W.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wibowo, Setyo Agung,. 2022. Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Daring Di SD N 3 Mlowokarangtalun Tahun Ajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga : Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan kompetensi pendagogik yang dilakukan oleh guru kelas selama sistem daring pada siswa kelas 5 SDN 3 Mlowokarangtalu, serta untuk Mengetahui ketercapaian pengembangan kompetensi pendagogik yang dilakukan guru kelas saat pembelajaran dilakukan dengan sistem daring pada siswa kelas 5 SDN 3 Mlowokarangtalun. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, lokasi penelitian dilakukan di SDN 3 Mlowokarangtalun,Kecamatan Pulokulon,Kabupaten Grobogan,Jawa Tengah. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer yang diperoleh dari wawancara guru kelas 5 dan kepala sekolah, serta data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, serta dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan : Pengembangan kompetensi pedagogik yang dilakukan guru kelas saat menggunakan sistem pembelajaran daring pada siswa kelas 5 SDN 3 Mlowokarangtalun menggunakan dua cara yakni 1) Informal yaitu dengan baca buku dan mempelajari video di YouTube 2) Formal yaitu dengan mengikuti berbagai macam pelatihan dan workshop. Adapun ketercapaian dalam pengembangan kompetensi pedagogic guru kelas 5 yaitu Ketercapaian dalam memahami peserta didik yaitu saat ini guru dapat memahami karakter peserta didik dengan mudah., Ketercapaian dalam merancang pembelajaran, mengalami peningkatan dan variasi selama masa pandemic covid, yaitu proses pembelajarannya menggunakan berbagai macam media online, serta sumber belajar yang variatif peningkatan atau pencapaian yang didapat adalah rencana pembelajaran yang lebih singkat menjadi satu lembar, Ketercapaian dalam melaksanakan proses pembelajaran sudah semakin meningkat dan proses pembelajaran berjalan dengan efektif. Ketercapaian dalam menilai proses dan hasil yaitu di sudah baik. Kegiatan evaluasi dilaksanakan setiap akhir pembelajaran atau awal pembelajaran dengan cara menggunggahnya ke google from dan disematkan pada aplikas whatshapp ataupun google classroom, Ketercapaian dalam mengembangkan potensi peserta didik yaitu dengan mengadakan berbagai macam kegiatan extrakulikuler baik akademik maupun non akademik.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2022 14:44
Last Modified: 24 Nov 2022 13:10
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15372

Actions (login required)

View Item View Item