PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, LITERASI KEUANGAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH DENGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa FEB di Tiga Perguruan Tinggi di Kota Salatiga)

Wahyuningsih, Tri (2022) PENGARUH PENGETAHUAN INVESTASI, LITERASI KEUANGAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT INVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH DENGAN KEMAJUAN TEKNOLOGI SEBAGAI VARIABEL MODERASI (Studi Kasus Mahasiswa FEB di Tiga Perguruan Tinggi di Kota Salatiga). [UNSPECIFIED]

[img] Text
SKRIPSI_TRI WAHYUNINGSIH.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan investasi, literasi keuangan, dan persepsi risiko investasi terhadap minat mahasiswa dalam berinvestasi pada pasar modal syariah dengan kemajuan teknologi sebagai variabel moderasi. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa fakultas ekonomi yang berasal dari UKSW Salatiga, UIN Salatiga, dan juga STIEAMA Salatiga. Pengambilan sampel penelitian ini menggunakan Teknik propotional stratified random sampling. Data dikumpulkan melalui google form dan memperoleh 100 responden. Untuk menganalisis data menggunakan bantuan aplikasi SPSS. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengetahuan investasi dan persepsi risiko berpengaruh positif terhadap minat investasi mahasiswa, literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap minat investasi mahasiswa di tiga perguruan tinggi di kota Salatiga. Sedangkan kemajuan teknologi mampu memoderasi tingkat literasi keuangan dan persepsi risiko terhadap minat investasi. Selanjutnya kemajuan teknologi tidak mampu memoderasi pengaruh pengetahuan terhadap minat investasi.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 24 Nov 2022 18:13
Last Modified: 24 Nov 2022 11:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15375

Actions (login required)

View Item View Item