EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Aitiqoh, Ulfa Putri (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI AUGMENTED REALITY BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS VIII MTS MA’ARIF KARANGGEDE TAHUN PELAJARAN 2021/2022. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]

[img] Text
ULFA PUTRI AITIQOH 23060180058 SKRIPSI.pdf

Download (4MB)

Abstract

Aitiqoh, Ulfa Putri. 2022. Efektivitas Penggunaan Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Materi Sistem Pencernaan Manusia Pada Siswa Kelas VIII MTs Ma’arif Karanggede. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Anggun Zuhaida, M.Pd. Kata Kunci: efektivitas, aplikasi Augmented Reality, kemampuan berpikir kreatif, sistem pencernaan manusia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Augmented Reality berbasis android efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan desain nonequivalent control group. Dengan populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanggede, pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Teknik pengumpulan data dengan tes soal essai pre-test post-test yang telah diuji dengan uji validitas serta uji reliabilitas. Analisis data penelitian ini menggunakan uji Independent Sampel T-test dengan bantuan SPSS 22.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig pada uji Independent Sampel T-test sejumlah 0,005. Nilai sig 0,005 < 0,05 dengan nilai yaitu 2,941 > 2,005, bermakna adanya pengaruh variabel independen atas variabel dependen, hipotesis diterima. Artinya penggunaan aplikasi Augmented Reality sebagai media pembelajaran efektif terhadap kemampuan berpikir kreatif materi sistem pencernaan manusia pada siswa kelas VIII MTs Ma’arif Karanggede. Terdapat perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen dengan kelas kontrol, dimana perolehan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi atas kelas kontrol.

Item Type: ["eprint_typename_skripsi" not defined]
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2022 17:14
Last Modified: 25 Nov 2022 17:14
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15382

Actions (login required)

View Item View Item