PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CRC) DENGAN MEDIA ROULETTR GAMES MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Aprilianti, (2022) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CRC) DENGAN MEDIA ROULETTR GAMES MATERI OBJEK IPA DAN PENGAMATANNYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 PABELAN TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Aprilianti. 2022. Penerapan Model Cooperativ, Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan Media Roulette Games Materi Objek IPA dan Pengamatannya untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan Tahun Pelajaran 2022/2023. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UNIVERSITAS ISLAM NEGERI Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci : Hasil Belajar ; CIRC; Roulette games Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan menggunakan model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media roulette games. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah – langkah PTK sebagai berikut; perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan sebanyak dua siklus. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Pabelan yang berjumlah 31 peserta didik. Instrumen yang digunakan soal kuis, lembar observasi, serta angket. Proses pembelajaran menggunakan model CIRC dengan media roulette games memiliki beberapa proses, antara lain; 1) menyusun kelompok, 2) memecahkan masalah, 3) presentasi, 4) mengerjakan kuis, dan 5) memberikan apresiasi. Media roulette games sebagai media permainan didalam pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan penggunakan model CIRC dengan media roulette games dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas VII B SMP N 1 Pabelan materi objek IPA dan pengamatannya. Hasil belajar dapat dikatakan berhasil (tuntas) ketika mencapai indikator keberhasilan yang telah ditetapkan yakni, . Pada siklus I, 13 peserta didik atau 41,93 % dikatakan tuntas dengan rata rata nilai 66,93. Pada saat siklus II, peserta didik yang tuntas mengalami peninkatan yakni 28 peserta didik atau 98,32 % dengan nilai rata – rata 79,83. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model Cooperatibe Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan media roulette games mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: ?? IPA ??
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Nov 2022 17:38
Last Modified: 25 Nov 2022 17:38
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15384

Actions (login required)

View Item View Item