ISMAIL, SILVANI KUMALA PUTRI (2022) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI DAN BUDI PEKERTI MATERI AL-QUR'AN TOPIK ILMU TAJWID MELALUI TUTOR SEBAYA DAN YANBU'A PADA SISWA KELAS VIII C SMP N 2 TUNTANG KABUPATEN SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2022/2023. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
SILVANI KUMALA PUTRI. I. 23010180157.pdf Download (4MB) |
Abstract
Ismail, Silvani Kumala Putri. 2022. Peningkatan Hasil Belajar PAI Dan Budi Pekerti Materi Al-Qur’an Topik Ilmu Tajwid Melalui Tutor Sebaya Dan Yanbu’a Pada Siswa Kelas VIII C SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Pembimbing Dr. Fatchurrohman, M. Pd. Kata Kunci: hasil belajar, ilmu tajwid, tutor sebaya, yanbu’a Tujuan dari penelitian ini yaitu guna mengetahui apakah penggunaan tutor sebaya dan metode yanbu’a meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Al-Qur’an topik ilmu tajwid antar siswa dalam satu kelas VIII C SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian PTK, dilaksanakan 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) penggunaan metode tutor sebaya dan yanbu’a bisa menaikkan hasil belajar PAI materi Al-Qur’an topik ilmu tajwid antar siswa dalam satu kelas VIII C SMP N 2 Tuntang Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2022/2023. Hal ini terlihat pada hasil ketuntasan siklus sebelumnya dengan 15 siswa yaitu 35,71%, Siklus I dengan 29 siswa yaitu 69,05%, dan Siklus II dengan 38 siswa yaitu 90,48%. 2) Siswa sudah mampu melafalkan huruf hijaiyah dengan baik dan benar, dan juga siswa dapat membaca ayat sesuai dengan panjang pendek harakat yang tepat.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Agama > Alqur'an |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 16:44 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 16:44 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15399 |
Actions (login required)
View Item |