LAILI, SITI NUR (2022) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA KELAS V MI YANG TINGGAL DI PONDOK PESANTREN NURUL AMAL KENTENG BANDUNGAN TAHUN PELAJARAN 2020/2021. [["eprint_typename_skripsi" not defined]]
Text
Siti Nor Laili 23040160202.pdf Download (4MB) |
Abstract
Laili, Siti Nor. 2022. Implementasi Pendidikan Karakter Religius Siswa Kelas V MI Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Nurul Amal Kenteng Bandungan Tahun Pelajaran 2020/2021. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata kunci: Pendidikan Karakter Religus Penelitian ini bermaksud guna mengetahui implementasi pendidikan karakter religius, nilai religius yang dikembangkan, dan mengetahui problematika dan solusinya implementasi pendidikan karakter di MI Kenteng tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian ini memakai metodologi deskriptif kualitatif untuk mengkarakterisasi data informasional yang berasal dari data lapangan. Partisipan dalam penelitian ini yakni siswa kelas V MI Kenteng tahun ajaran 2020-2021. Metode pengumpulan data penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pendekatan ini diperlukan untuk mendapatkan data dan informasi berupa catatan tertulis/gambar yang tersimpan yang berhubungan dengan penelitian yang telah diselesaikan. Berupa surat, laporan, aturan, jurnal, biografi, simbol, artefak, foto, dan gambar, serta bahan lain yang telah disimpan. Temuan penelitian ini mengungkapkan bahwasanya penerapan pendidikan karakter religius di MI Kenteng berbeda antara santri yang tinggal di Pesantren Nurul Amal dan yang tinggal di rumah. Siswa yang di pondok lebih mandiri dan konsisten dalam menjalankan aktivitas-aktivitas keagamaan daripada siswa yang tinggal di rumah. MI Kenteng juga mengembangkan nilai-nilai religus untuk ditanamkan kepada siswa diantaranya kejujuran, kedisiplinan, keadilan, amanah, tutur kata terhadap orang yang lebih tua, peduli sosial, rendah hati dan bekerja keras. Dalam pelaksanaanya tentu terdapat hambatan-hambatan yang dialamai seluruh warga madrasah pada kondisi pandemi. Diantaranya yakni efektivitas pembelajaran kurang berjalan dengan baik, adanya pembatasan kegiatan, terdapat wali siswa yag sibuk dan susah dihubungi, dan keterbatasan pendidik dalam memantau siswanya. Namun hambatan itu terdapat solusinya ialah memberi buku kontrol ibadah siswa, pembelajaran dilaksanakan memakai pembelajaran visual berupa video, mengadakan pertemuan dengan siswa seminggu sekali, dan bekerja sama dengan wali siswa untuk mengontrol anaknya ketika di rumah.
Item Type: | ["eprint_typename_skripsi" not defined] |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 16:00 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 16:00 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15405 |
Actions (login required)
View Item |