Ginanjar, Wasis (2022) PENGEMBANGAN VIBELAPREM TERINTEGRASI DENGAN YOUTUBE PADA PELAJARAN IPA PERUBAHAN WUJUD BENDA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Tesis Wasis Ginanjar PGMI.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Wasis Ginanjar. 2022. Pengembangan Vibelaprem Terintegrasi dengan Youtube Pada Pelajaran IPA Perubahan Wujud Benda. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana IAIN Salatiga. Dosen Pembimbing Dr. Erna Risfaula Kusumawati, M.Si. Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui dan menganalisis tingkat kebutuhan pengembangan video pembelajaran melalui vibelaprem terintegrasi dengan youtube pada pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. (2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan video pembelajaran melalui vibelaprem pelajaran IPA materi perubahan wujud benda. (3) untuk mengetahui efektivitas pengembangan vibelaprem terintegrasi dengan youtube pada pelajaran IPA materi perubahan wujud benda kelas V MI Muhammadiyah Bloran Karanganyar. Metode dalam penelitian ini menggunakan model Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Muhammadiyah Bloran Karanganyar berjumlah 26. Instrumen yang digunakan berupa daftar pertanyaan untuk analisis kebutuhan, pedoman wawancara, instrumen soal pretest dan posttest, serta lembar uji coba perorangan, kelompok dan terbatas. Tahapan R&D adalah sebagai berikut: 1) analisis kebutuhan; 2) pengembangan vibelaprem dan 3) pengujian efektivitas produk. Hasil penelitian sebagai berikut; 1) Hasil need assessment menunjukan bahwa vibelapram dibutuhkan siswa; 2) pengembangan vibelaprem terintegrasi youtube melalui beberapa tahapan: a) hasil uji validasi ahli materi dan ahli media, pengembangan vibelaprem mendapatkan skor rata-rata 3.8 (sangat layak) untuk digunakan; b) efektivitas pengembangan media pengembangan vibelaprem melalui 3 kali uji coba, yaitu: a) ujicoba dengan 6 orang siswa memperoleh rata-rata nilai 4.6 b) uji coba kelompok terdiri dari 11 siswa diperoleh hasil rata-rata 4.5 c) uji coba terbatas dengan 22 orang siswa diperoleh skor rata-rata 4.62. Berdasarkan hasil tersebut maka Vibelaprem layak untuk digunakan. 3) uji efektivitas terhadap Vibelaprem menggunakan SPSS 22 diperoleh thitung (5,623) > t tabel (2,05954) dan p=0,000<0,05. Dengan demikian media pengembangan vibilaprem pada materi perubahan wujud benda efektif terhadap hasil belajar siswa kelas V MI MI Muhammadiyah Bloran Karanganyar. Kata Kunci: Video Pembelajaran, Vibelaprem, Perubahan Wujud Benda.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 30 Nov 2022 18:47 |
Last Modified: | 30 Nov 2022 18:47 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15407 |
Actions (login required)
View Item |