STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN KARAKTER DALAM MASA PANDEMI PADA SISWA DI MIN 11 BOYOLALI

APRIANA, INTI (2022) STRATEGI GURU DALAM MENUMBUHKAN RASA TANGGUNG JAWAB DAN KARAKTER DALAM MASA PANDEMI PADA SISWA DI MIN 11 BOYOLALI. [UNSPECIFIED]

[img] Text
FIX SKRIPSI INTI APRIANA 082.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Apriana, Inti. 2021. Strategi Guru dalam Menumbuhkan Rasa Tanggung Jawab dan Karakter Dalam Masa Pandemi pada Siswa di MIN 11 Boyolali. Skripsi, Salatiga: Pendikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dra. Nur Hasanah, M.Pd. Kata Kunci: Strategi Guru; Menumbuhkan; Tanggung Jawab; Karakter Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi guru dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dan karakter dalam pembelajaran daring dan apa saja faktor yang mempengaruhi guru dalam menumbuhkannya pada siswa dimasa pandemi sekarang di MIN 11 Boyolali. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Analisis data hasil penelitian ini diperoleh dsri proses mancari dan menyusun dengan sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, pwnyajian data dan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Strategi guru dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam masa pandemi pada siswa yaitu: a) Memberi pengertian pada peserta didik apa itu sebenarnya tanggung jawab. b) Perlu adanya pembagian tanggung jawab peserta didik dengan yang lain. c) Memberikan pelajaran kepada peserta didik tentang rasa tanggung jawab dari hal-hal kecil. 2) Strategi guru dalam menumbuhkan karakter siswa dalam masa pandemi pada siswa antara lain: a) Guru dapat menjadi teladan untuk peserta didiknya, b) Guru dapat menjadi seorang pembimbing etis, dengan memberikan instruksi moral dan bimbingan melalui penjelasan atau nasihat, bercerita. 3) Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam menumbuhkan rasa tanggung jawab dalam masa pandemi pada siswa. faktor pendukung adalah adanya semangat dari guru untuk peserta didik dalam mendukung belajarnya dirumah, kemudian tentunya juga dari orang tua yang ikut andil dalam berperan dalam menumbuhkan karakter tanggung jawab dirumah. Sedangkan faktor penghambatnya ialah sarana dan prasarana seperti alat komunikasi/handphone yang tidak semua murid itu punya lalu dari lingkungan apalagi kalau yang rumahnya susah sinyal.4) Faktor yang mempengaruhi strategi guru dalam menumbuhkan karakter dalam masa pandemi pada siswa yaitu: a) Faktor pendukung dalam menumbuhkan karakter anak dimasa pandemi adalah perannya orang tua atau keluarganya, kesadaran anak sebagai peserta didik dan bimbingan dari guru. b) Faktor penghambatnya adalah kurangnya perhatiannya orang tua kepada anak mereka saat pembelajaran di rumah, dari teman bermain dan faktor dari lingkungan masyarakat sekitar.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 19:55
Last Modified: 01 Dec 2022 10:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15408

Actions (login required)

View Item View Item