NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HUMANISME PADA MASYARAKAT DESA KRANDON KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022

PRATAMA, SURYA ADI (2022) NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN HUMANISME PADA MASYARAKAT DESA KRANDON KECAMATAN SURUH KABUPATEN SEMARANG TAHUN 2022. Other thesis, IAIN SALATIGA.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratama, Surya Adi. 2022. “Nilai Pendidikan Agama Islam dan Humanisme pada Masyarakat Desa Krandon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2022”. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Badrus Zaman, M.Pd.I. Kata Kunci: Nilai Pendidikan Agama Islam dan Humanisme Tujuan penelitian yang telah dilakukan oleh penulis adalah 1. Untuk mendeskripsikan bagaimana nilai religius dan humanisme pada masyarakat Desa Krandon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang, 2. Untuk mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam nilai religius dan humanisme pada masyarakat Desa Krandon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang Tahun 2022. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah Ulama, perangkat desa, warga dan remaja Desa Krandon, meliputi reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Penilaian pendidikan agama Islam pada masyarakat desa Krandon melalui mauidzah hasanah, metode keteladaan, pembiasaan, metode Kisah. Nilai PAI masyarakat desa Krandon meliputi: ketaatan kepada Tuhan, ikhlas, bertanggungjawab, cinta ilmu. humanisme masyarakat Desa Krandon Kecamatan Suruh Kabupaten Semarang meliputi takziyah, gotongroyong, kerjabakti, musyawarah RT. (2) Nilai-nilai humanisme masyarakat Desa Krandon meliputi: nilai kebebasan, kerjasama, rela berkorban, nilai Peduli antar sesama manusia. (3) faktor pendukung internal dalam nilai Pendidikan Agama Islam dan humanisme masyarakatan Desa Krandon, kesadaran diri, kecerdasan masyarakat. (4) Faktor pendukung eksternal meliputi dukungan lingkungan, Adanya kegiatan keagamaan dan kemasyarakatan. (5) Faktor penghambat eksternal dalam nilai Agama Islam dan humanisme pada masyarakat Desa Krandon meliputi problematika keluarga, pengaruh buruk lingkungan, kurangnya sumber belajar, dan hambatan internal meliputi motivasi diri, usia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 30 Nov 2022 22:54
Last Modified: 30 Nov 2022 22:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15411

Actions (login required)

View Item View Item