Teknik Pemantauan Media Terhadap Konten Seks dan Gender oleh Remotivi (Studi pada Website Remotivi Periode Januari-September 2021)

Fadhilah, Adinda Fatma (2022) Teknik Pemantauan Media Terhadap Konten Seks dan Gender oleh Remotivi (Studi pada Website Remotivi Periode Januari-September 2021). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Revisi Skripsi ke Bu Wuri.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Fadhilah, Adinda Fatma. 2022. Teknik Pemantauan Media Terhadap Konten Seks dan Gender oleh Remotivi (Studi pada Website Remotivi Periode Januari-September 2021). Tahun 2022. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing : Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci : Teknik Pemantauan Media, Konten, Seks dan Gender Remotivi merupakan lembaga pemantau media di Indonesia yang melaksanakan kerjanya dengan melibatkan pekerja media dan masyarakat. Pada periode Januari hingga September 2021, terdapat 57 esai yang terbit di website remotivi.or.id, dan topik yang paling banyak diangkat adalah tentang seks dan gender. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik pemantauan media terhadap konten seks dan gender oleh penulis di website remotivi.or.id dalam periode Januari-September 2021. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dan bersifat kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber primer yakni editor Remotivi dan tiga orang penulis eksternal, dan sumber sekunder yang berupa buku-buku, jurnal, foto, video, dokumen-dokumen resmi, dan sumber data lain yang berkaitan dengan masalah yang diteliti. Adapun proses pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penulis eksternal dan editor Remotivi melakukan teknik pemantauan media terhadap konten seks dan gender dengan mengumpulkan konten-konten media yang bermasalah untuk kemudian dikaji menggunakan tujuh kecakapan melek media dari teori literasi media James W. Potter, yaitu analisis, evaluasi, pengelompokan, induksi, deduksi, sintesis, serta abstraksi. Hasil pembedahan pesan disusun dalam sebuah narasi esai yang terbit di website remotivi.or.id.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Terapan
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 01 Dec 2022 17:41
Last Modified: 01 Dec 2022 10:50
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15415

Actions (login required)

View Item View Item