Qoyyimah, Maria Nurul (2016) Peningkatan Hasil Belajar IPS Materi Arah Mata Angin Melalui Metode Demonstrasi pada Siswa Kelas III MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak Tahun Pelajaran 2015/2016. Other thesis, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan.
Text
cover pdf.pdf Download (2MB) |
Abstract
Pembelajaran IPS pada umumnya membutuhkan kemampuan siswa untuk menghafal materi pelajaran, sehingga penggunaan strategi pembelajaran yang tepat perlu untuk dikembangkan dan dilakukan dengan sebaik mungkin agar tercapai tujuan dengan maksimal. Namun masih ada guru yang mengajar secara monoton. Hal ini membuat siswa menjadi bosan dan cenderung pasif dalam pembelajaran akibatnya hasil belajar IPS rendah. Masalah utama yang ingin dijawab dalam penelitian ini adalah: apakah penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi arah mata angin pada siswa kelas III MIN Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2015/2016. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan melalui dua siklus yaitu siklu I dan siklus II. Tiap siklusnya ada empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi, tes, dan dokumentasi. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi arah mata angin pada siswa kelas III MI Negeri Mlaten Kecamatan Mijen Kabupaten Demak tahun pelajaran 2015/2016. Dapat dilihat dari pembahasan yaitu nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra siklus sebesar 46,42 % menjadi 64,28 % pada siklus I dan meningkat lagi pada siklus II menjadi 100 %.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Apr 2017 04:26 |
Last Modified: | 13 Apr 2017 04:26 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/1542 |
Actions (login required)
View Item |