Interpretasi Aktivitas Tagar #Indonesiaterserah di Kalangan Netizen (Studi Etnografi Virtual Pada Pengguna Jejaring Sosial Twitter)

Yulizar, Astria (2022) Interpretasi Aktivitas Tagar #Indonesiaterserah di Kalangan Netizen (Studi Etnografi Virtual Pada Pengguna Jejaring Sosial Twitter). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Astria Yulizar.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yulizar, Astria. 2022. Interpretasi Tagar #IndonesiaTerserah di Kalangan Netizen (Studi Etnografi Virtual Pada Jejaring Sosial Twitter). Skripsi, Fakultas Dakwah Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Dr. Mukti Ali, S.Ag.,M.Hum, Kata Kunci: Etnografi Virtual, Tagar #IndonesiaTerserah, Jejaring Sosial Twitter Fenomena tagar #IndonesiaTerserah sempat mewarnai jagat media sosial khususnya di platform media sosial twitter, hal tersebut dilakukan sebagai tindakan protes dari tenaga medis yang diikuti oleh masyarakat atas kenbijakan yang tumpang tindih serta banyaknya masyrakat yang tidak patuh akan anjuran kesehatan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interpretasi tagar #IndonesiaTerserah pada netizen twitter, bagaiman tagar #IndonesiaTerserah menjadi media komunikasi antar pengguna twitter, dan motif yang melatari pengguna twitter memposting tagar itu. Penelitian merupakan Jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografi virtual. Data dalam penelitian ini diperoleh melalui wawancara, observasi secara online. Jenis penelitian ini bersifat deskriptif, data dideskripsikan ke dalam hasil penelitian. Data yang ada dianalisis menggunakan metode etnografi virtual yang kemudian dihimpun lalu direduksi dan disajikan serta diambil kesimpulan. Hasil dalam penelitian ini memaparkan (1) bahwa pengguna twitter menjadikan tweet bertagar #IndonesiaTerserah sebagai media komunikasi antar penggunanya, baik itu berupa ajakan, himbauan, atau pendapat, bahkan kritikan. (2) dalam tagar #IndonesiaTerserah merepresentasikan tiga hal yaitu, sebagai wujud empati masyarakat Indonesia yang tergabung pada media sosial twitter atas kesulitan saat saat pandemi covid-19, menjadikan tagar #IndonesiaTerserah sebagai alat kampanye untuk lebih mentaati himbauan untuk saling menjaga kesehatan dan mematuhi protokol kesehatan, terakhir adalah ideologi yang ditanamkan adalah protes logis dimana, ungkapan terserah menjadi sebuah kalimat satire yang umumnya diungkapkan dalam protes akal sehat. (3) pengguna twitter memiliki lima motif dalam membuat tweet bertagar #IndonesiaTerserah, yaitu Interpersonal Utility, Passing Time, Information Seeking, Convenience Utility, Entertainment.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Divisions: Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2022 15:47
Last Modified: 02 Dec 2022 15:11
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15422

Actions (login required)

View Item View Item