ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL ` IMRA’AH ‘INDA NUQTHAH AL-SHIFR KARYA NAWAL EL-SAADAWI ( KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA BERDASARKAN TEORI SIGMUND FREUD )

Nikmah, Cholifatun (2022) ANALISIS KEPRIBADIAN TOKOH DALAM NOVEL ` IMRA’AH ‘INDA NUQTHAH AL-SHIFR KARYA NAWAL EL-SAADAWI ( KAJIAN PSIKOLOGI SASTRA BERDASARKAN TEORI SIGMUND FREUD ). [UNSPECIFIED]

[img] Text
Skripsi Jilid CN.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Sastra adalah gambaran konkert yang menggugah minat alat bahasa, sastra dan merupakan ekspresi diri manusia dalam bentuk pengalaman, pikiran, perasaan, gagasan, nafsu dan keyakinan. Dalam menganalisis tokoh karya sastra dan perwatakannya seorang pengkaji sastra juga harus mendasarkan pada teori dan hukum-hukum psikologi yang menjelaskan perilaku dan karakter manusia. Novel imra’ah ‘inda nuqthah al-shifr karya Nawal El-Saadawi menceritakan tentang sebuah perjalanan hidup seseorang perempuan yang bernama Firdaus, kehidupan Firdaus sangat menyedihkan karena ia perempuan yang dijadikan korban budaya patriaki dan Firdaus terpaksa mendapatkan hukuman mati karena ia telah membunuh seorang germo. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan tentang aspek kepribadian tokoh utama dan konflik yang terjadi dalam novel imra’ah ‘inda nuqthah al-shifr. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif yang berprespektif Psikologi Sastra. Sumber data dalam penelitian ini yakni Novel imra’ah ‘inda nuqthah al-shifr. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik membaca novel dengan berualng kali, menandai bagian analisis, menulis dan menganalisis data yang telah ditemukan.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif teori dari Sigmund Freud dengan struktur kepribadiannya yakni id, ego dan superego . Hasil dari pemelitian ini mencakup aspek kepribadian tokoh utama dalam novel imra’ah ‘inda nuqthah al-shifr dan konflik yang terjadi dalam novel imra’ah ‘inda nuqthah al-shifr dengan kajian psikologi sastra. Aspek kepribadian tokoh utama Firdaus meliputi Pribadi yang mandiri, pribadi pekerja keras, pribadi pemberani, pribadi yang jujur, pribadi yang suka dengan pekerjaan, pribadi tekun belajar, pribadi yang bercita-cita tinggi, pribadi yang menjujung tinggi harga diri dan pribadi yang suka dengan kebebasan. Konflik psikis yang terjadi meliputi kekecewaan, kemarahan, kecemasan dan penyesalan. Kata kunci : Kepribadian Tokoh, Novel Imra’ah ‘inda’ nuqthah al-shifr, Nawal El- Saadawi, Psikologi Sastra, Teori Sigmund Freud.

Item Type: UNSPECIFIED
Subjects: Kesusasteraan
Divisions: Fakultas Ushuludin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2022 22:14
Last Modified: 02 Dec 2022 15:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/15432

Actions (login required)

View Item View Item